PALEMBANG | Populinews.com — Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII akan melanjutkan pengerjaan proyek Sekanak-Lambidaro tahap dua. 

“Kita akan lanjutkan ke fase kedua yakni sepanjang 1,3 km mulai dari jembatan PIM sampai ke DPRD Sumsel,” kata Kepala BBWS Sumatera VIII, Maryadi Utama, Senin (14/2/2022).

Ia mengatakan ruas jembatan PIM- DPRD ini akan dimulai pada awal April mendatang.

“”Target selesai di tahun 2022 ini juga, dengan nilai sebesar Rp 98 miliar,” Maryadi menyebutkan. 

Untuk konsep, kata Maryadi, sama saja dengan ruas 26 ilir-PIM, dengan memperbaiki marka jalan, dinding turap dan lain sebagainya.

Menurut Maryadi, tujuan utana dari restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro sepanjang 11 km, ini untuk mengembalikan fungsi sungai sebagai pengendali banjir.

Maryadi menambahkan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palembang terkait kebersihan di destinasi wisata Sekanak Lambidaro, terutama usai pelaksanaan festival belum lama ini.

“Kita juga terus mengedukasi masyarakat bersama pemerintah setempat untuk mengajak masyarakat menjaga sungai ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang H Harnojoyo, mengatakan, usai festival, Sekanak Lambidaro tetap menjadi destinasi wisata baru dan potensial di Palembang. 

“Kedatangan para wisatawan tentu akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Tapi, salah satu syaratnya kita harus menjaga sungai tetap bersih, sehingga akan menjadi daya tarik wisatawan datang ke kota Palembang,” ujar Harnojoyo. (*)