Sakit tenggorokan adalah salah satu gejala yang banyak dialami akhir-akhir ini. Umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, seperti flu, cacar air, radang tenggorokan, terpapar covid-19, ataupun faktor cuaca yang berubah.

Rasa sakit pada tenggorokan sering kali membuat sulit ketika menelan makanan. Walaupun bisa diobati dengan mengkonsumsi antibiotik, makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus diperhatikan.

Melansir dari beberapa sumber, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari ketika sakit tenggorokan agar tidak memperparah kondisi. Berikut makanan atau minuman yang harus dihindari:

  1. Yogurt
    Walaupun yogurt mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh, namun ketika sakit tenggorokan sebaiknya menghindari mengkonsumsi yogurt untuk sementara. Demikian seperti yang dilansir dari laman NDTV.

Hal ini dikarenakan yogurt akan membuat parah kondisi tenggorokan, meningkatkan batuk, dan mengentalkan dahak, sehingga proses penyembuhan menjadi lebih lama. Yogurt juga bisa meningkatkan infeksi pada tenggorokan.

  1. Jus Kemasan
    Mengkonsumsi buah adalah salah satu cara meningkatkan imunitasi tubuh. Bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dalam bentuk jus. Kandungan vitamin yang ada pada buah pasti diperlukan tubuh, seperti kandungan vitamin C, D, atau vitamin lainnya.

Tetapi, mengkonsumsi jus buah kemasan ketika sakit tenggorokan bukan ide yang bagus. Hal ini dikarenakan jus kemasan mengandung warna dan gula buatan yang dapat meningkatkan peradangan pada tenggorokan. Demikian yang dilansir dari laman Times of India.
Baca Juga : Selain Bisa Atasi Sakit Tenggorokan, Ini Deret Manfaat Lain Berkumur Air Garam

  1. Makanan Asam
    Makanan asam seperti tomat, jeruk, ataupun produk susu dapat mengiritasi tenggorokan yang sakit, seperti yang dilansir dari laman Khealth. Walaupun mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh, tenggorokan akan semakin sakit karena keasaman dari makanan tersebut.

Selain itu, mengkonsumi makanan yang mengandung vitamin C dilaporkan juga belum bisa dipastikan dapat menyembuhkan pilek ataupun sakit tenggorokan.

  1. Makanan Berminyak
    Mengkonsumsi makanan berminyak ketika sakit tenggorokan akan meningkatkan infeksi dan memperlambat proses penyembuhan. Demikian seperti yang dilansir dari laman News18. Makanan berminyak yang masuk ke dalam tubuh rupanya akan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Makanan yang berminyak dan mengandung lemak tinggi lebih sulit dicerna oleh tubuh dan memperburuk kondisi tenggorokan, karena makanan yang digoreng memiliki lapisan minyak tebal, serta menyebabkan tenggorokan gatal dan kering.

  1. Minuman Berkafein
    Minuman berkafein seperti kopi ataupun minuman beralkohol menyebabkan tubuh dehidrasi dan rasa perih pada tenggorokan, dilansir dari laman Medical News Today. Kondisi tenggorokan yang perih dan kering, akan memperburuk kondisi dan meningkatkan iritasi pada tenggorokan.
  2. Makanan yang Pedas
    Dilansir dari laman Live Strong, makanan pedas yang mengandung saus pedas, bubuk cabai, merica atau bahan lainnya dapat memperburuk kondisi tenggorokan dan kondisi perut ketika dicerna.

Untuk menambah rasa atau nafsu makan, Beauties bisa mencoba menambahkan jahe segar atau bawang putih yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk membantu mengurangi gejala batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. (*)

Sumber: beautynesia.com