https://www.pexels.com/photo/woman-in-the-kitchen-cooking-2890387/

Setelah menikah dan tinggal di rumah sendiri, mungkin Anda dan pasangan mulai bersemangat membeli peralatan rumah pengantin baru. Namun, alih-alih menghabiskan anggaran untuk membeli semua perabot kebutuhan rumah tangga, alangkah baiknya bila Anda hanya membeli yang penting-penting saja.

Membeli perlengkapan rumah tangga yang sangat mendesak serta mengutamakan fungsi akan menghemat anggaran Anda. Nah, simak yuk daftar 5 peralatan rumah tangga yang wajib ada di rumah pengantin baru.

List Daftar 5 Peralatan Rumah Tangga Wajib Untuk Pengantin Baru

Mengisi rumah dengan perlengkapan rumah tangga menjadi hal wajib setelah Anda memiliki rumah. Alasannya untuk menunjang aktivitas sehari-hari, semisal menyiapkan makanan karena tidak mungkin bukan setiap hari Anda membeli makanan di luar dengan alasan tidak memiliki perlengkapan dapur?

Meski penting, tidak semua perabot rumah tangga wajib Anda beli. Agar menghemat anggaran, setidaknya inilah 5 daftar nama perlengkapan rumah tangga yang wajib dimiliki pengantin baru karena fungsinya yang tidak dapat diganti dengan benda lain, yaitu:

● Kompor
Perlengkapan rumah tangga yang wajib dimiliki salah satunya adalah kompor. Alasannya kompor harus dimiliki karena fungsinya untuk memasak.
Jika tidak memiliki kompor, sebenarnya Anda bisa menggunakan tungku yang memiliki harga lebih murah, tetapi bukankah akan sangat merepotkan bila Anda harus menyalakan api secara manual menggunakan kayu setiap hendak memasak?
Ada berbagai jenis kompor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti kompor gas, kompor listrik ataupun kompor induksi.

Peralatan Makan
Perabot rumah tangga berikutnya yang tak kalah penting adalah peralatan makan. Lagi-lagi, untuk menghemat anggaran, makan memang bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun pisang sebagai alasnya.
Tetapi bukankah tidak mungkin bila setiap hendak makan, Anda harus mencari daun pisang terlebih dahulu? Agar menghemat anggaran, utamakan fungsi saat membeli perlengkapan makan dengan pembelian dalam jumlah sewajarnya.

● Rice Cooker
Rice cooker atau penanak nasi akan menghemat waktu Anda karena memungkinkan Anda memasak nasi sambil tetap melakukan hal lain. Teknologi pada rice cooker bisa mematangkan secara otomatis sehingga Anda tak perlu menunggu.

● Pisau dan Talenan
Pisau dan talenan merupakan peralatan rumah tangga yang tampak tidak penting namun sebenarnya sangat vital karena tanpa kedua alat ini, Anda tidak akan bisa menyajikan masakan.

Ada berbagai model serta bahan pisau dan talenan yang ada di pasaran. Mengingat fungsinya yang amat penting, Anda bisa membeli pisau dan talenan yang terbuat dari bahan berkualitas, tidak hanya asal murah.

● Panci Set
Perlengkapan rumah tangga untuk pengantin baru berikutnya yang harus dimiliki setiap rumah, karena fungsinya sebagai wadah baik saat proses memasak maupun untuk menyimpan hasil masakan.
Sama seperti pisau, sebaiknya Anda memilih panci set dengan bahan berkualitas yang tahan lama serta tidak berbahaya bagi kesehatan.

Meski panci berkualitas biasanya dibanderol dengan harga tinggi, namun Anda tak perlu ragu karena biasanya setara dengan kualitas yang akan diberikan. Bahkan tak jarang, panci set berkualitas memiliki penampakan yang tetap bersih dan tidak penyok hingga puluhan tahun.

Selain aman bagi kesehatan, tentu kalau dihitung-hitung jatuhnya akan terjangkau bukan?

Tips Belanja Kebutuhan Pengantin Baru Tetap Hemat

Untuk memenuhi kebutuhan hidup setelah menikah memang membutuhkan nominal yang tidak sedikit. Terlebih pasangan menikah yang tinggal terpisah dari orang tua harus memenuhi semua kebutuhannya secara mandiri, tidak lagi mendapat bantuan orang tua secara penuh.
Bagi Anda pasangan yang baru menikah, terapkan tips memiliki peralatan rumah pengantin baru saat keadaan uang pas-pasan berikut:

● Manfaatkan Kado Pernikahan
Saat pesta berlangsung, biasanya banyak tamu yang membawakan kado berupa perlengkapan rumah tangga. Pilih dan gunakan barang-barang yang bisa dimanfaatkan. Sisa kado yang tidak digunakan, misalnya seperti cangkir set yang jumlahnya terlalu banyak bisa Anda alihkan fungsinya, misal dengan menjualnya.

● Gunakan Uang dari Para Tamu secara Bijak
Selain kado berupa barang, tak sedikit tamu undangan yang memberikan sumbangan berupa uang tunai. Nah, jangan kalap dulu, agar hemat dan tepat sasaran, gunakan uang sumbangan untuk hal-hal yang bermanfaat.
Anda bisa membeli peralatan rumah pengantin baru yang dibutuhkan dan belum dimiliki menggunakan uang tersebut.

● Beli secara Bertahap
Perlengkapan untuk mengisi rumah sangat banyak jumlahnya. Anda dan pasangan tak perlu membelinya sekaligus. Anda bisa membeli satu per satu, diurutkan mulai dari yang paling urgent dibutuhkan. Dengan cara ini, meski pun lambat namun Anda akan berhasil mengisi kebutuhan rumah. Tentu sekaligus tidak memberatkan keuangan.

● Jual Barang Lama yang Sudah Jarang Digunakan
Saat masih lajang, bukan tidak mungkin Anda menggunakan uang untuk membeli barang-barang yang Anda butuhkan saat itu tetapi lambat laun jarang digunakan.
Daripada memenuhi ruangan dengan barang yang sudah jarang dipakai, tak ada salahnya jika Anda menjualnya. Apalagi jika barang yang dimiliki dalam keadaan bagus. Uang hasil penjualan bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan pengantin baru lain.

● Manfaatkan Program Promo
Setelah menerapkan beberapa kiat di atas, salah satu cara hemat membeli 5 dari 10 kebutuhan rumah tangga adalah dengan memanfaatkan program promo yang digelar di Blibli, marketplace yang menyediakan berbagai kebutuhan Anda.
Dalam Promo Maret ini, Blibli memberikan potongan harga untuk produk keperluan Anda, termasuk perlengkapan rumah tangga. Segera kunjungi Blibli dan nikmati berbagai benefit serunya karena sayang sekali jika dilewatkan.
Kebutuhan setelah menikah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, termasuk untuk membeli peralatan rumah pengantin baru. Berbelanja secara bijak akan menghindarkan Anda dari sikap boros yang bisa membuat keuangan besar pasak daripada tiang.