PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru hadir sebagai panelis dalam acara Seminar Kajian Masyarakat Profesional Sumatera Bagian Selatan (MASPRO Sumbagsel) secara virtual “Seminar Hasil Kajian Untuk Membangun Aglomerasi Sumbagsel Untuk Nusantara-Indonesia” dari Sumsel Command Center, Sabtu (12/3/2022).

Hadir Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pidato kunci pada kegiatan ini. Kemudian dilanjutkan dengan Diskusi Panel atas kajian Maspro Sumbagsel yang dimoderatori Helmy Yahya. Dalam kegiatan ini dijelaskan hasil kajian dari percepatan pembangunan kawasan aglomerasi Sumbagsel kemudian ditanggapi oleh kelima Gubernur .

Seminar hasil kajian ini dilakukan untuk mengetahui potensi wilayah Sumbagsel. Seperti memetakan kondisi dan potensi perekonomian, Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM) aglomerasi Sumbagsel.

HD katakan kecerdasan SDM yang berasal dari Sumbagsel berasal dari berbagai konsumsi berbagai olahan ikan dengan variannya.

HD berharap forum ini dapat menghasilkan persepsi yang sama dalam penyelesaian berbagai persoalan yang dihadapi oleh Sumbagsel. Paling tidak Sumbagsel menjadi daerah yang paling dominan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Disamping itu, HD berharap ada pendelegasian atas kewenangan yang menyeluruh yang dikerahkan untuk pemerintah daerah serta fleksibelitas dalam mengurus persoalan daerah yang berbeda.

“Kita boleh mengeksploitasi SDA dan SDM yang ada tapi harus memikirkan dampak lingkungan dan sosial, kita tidak boleh gagal fokus. Ini seperti puzzle dimana tetap perlu menjaga kemanaan kenyaman dan keterediaan pasokan komoditas yang benar, ” ujarnya.

Selain Gubernur HD, hadir juga penelis lainnya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Gubernur Jambi Al Haris, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan Direktur Riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly Martawardaya.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Nelson Firdaus, MM., Kadis Kominfo Sumsel, H Achmad Rizwan, SSTP, MM, Kepala Bappeda , Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc., Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti, SE, MM. (hms)