JAKARTA | Populinews.com – Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam Program prioritas Kapolri, menginisiasi permudah pelayanan perpanjangan SIM.

Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol. Trijulianto Djati Utomo, mengungkapkan di era digitalisasi revolusi industri dari 4.0 menjadi 5.0 (5G), dimana pelayanan di segala hal harus bisa lebih cepat, mudah, maka korlantas Polri meluncurkan sejumlah program terobosan.

“Pandemi Covid 19, telah menginisiasi kita untuk menyiapkan layanan yang lebih mudah, cepat, bisa dimana saja, kapan saja serta dapat diakses lebih mudah oleh masyarakat.” Kata Kasubdit SIM ditregident Korlantas Polri Jakarta, kamis (14/7/22).

“Adapun kemudahan pelayanan perpanjangan SIM A dan SIM C, diantaranya dapat dilakukan di Kantor Satpas SIM, Layanan SIM Keliling yang banyak tersebar di berbagai Kota. Untuk yang tidak sempat hadir, telah disediakan Layanan SIM Online dengan Aplikasi SIM NASIONAL PRESISI.
Untuk pelayanan perpanjangan SIM Internasional online telah lebih dulu, kami luncurkan, dengan mengakses siminternasional.korlantas.polri.go.id ikuti tahapan & persyaratan yang telah di cantumkan di laman tsb.”
Demikian penjelasan Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri.

Adapun biaya pengurusan tertera dalam laman. Sedangkan untuk SIM yang telah Habis masa berlakunya, sesuai Perpu No.5 tahun 2021 harus datang ke kantor pembuatan SIM (satpas SIM) dengan mengikuti proses pengajuan SIM baru.

“Bapak Kapolri dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, juga telah meluncurkan Aplikasi Polri Super App termasuk didalamnya terdapat aplikasi SINAR.
Kami harapkan dengan dipermudahnya pelayanan perpanjangan SIM ini, masyarakat lebih taat dan tertib dalam berlalu lintas”. Ujar Kasubdit SIM Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol.Trijulianto Djati Utomo.

info:
Biaya perpanjangan SIM ONLINE
SIM D (Difabel), Rp.30.000
SIM C (motor), Rp.75.000
SIM A (mobil) dan A umum, Rp.80.000
SIM B1 dan B1 umum, Rp.80.000
SIM B2 dan B2 umum, Rp.80.000
SIM Internasional, Rp.225.000
(rahmat/janur).