LAHAT | Populinews.com – Gubernur Sumsel H. Herman Deru dan Bupati Lahat,Cik Ujang.SH langsung menindaklajuti usulan pembangunan jembatan penghubung di Desa Tanjung Raya Kecamatan Pseksu Lahat. Rencananya akan dibangun jembatan rangka dan akses jalan di lokasi tersebut.

Dijelaskan Hengki Haipun, Kades Tanjung Raya Kecamatan Pseksu Kabupaten Lahat. Bahwa usulan pembangunan jalan dan jembatan ini sudah diminta sejak tahun 2006 lalu.

Lantaran dengan adanya jalan dan jembatan ini, maka bisa menjadi akses penghubung beberapa desa di wilayah Pseksu. Yakni Tanjung Raya, Lubuk Mabar Pagar Agung dan Kantor Camat. Lalu di wilayah seberang yang akan dibangun akses jalannya yakni Desa Lubuk Atung Lubuk Tube, Muara Cawang, Bemban Tembeling Jaya.

“Dengan adanya akses jalan dan jembatan maka wilayah seberang akan lebih cepat ke kantor camat, maupun puskesmasm Bila jalan yang biasa dilalui bisa mencapai 30 km untuk ke kantor camat. Tapi kalau jembatan dan akses jalan telah dibangun maka hanya sekitar 8 km,” beber Hengki, Kamis (21/7).

Pihaknya juga telah siap menghibahkan lahan untuk jembatan dan akses jalan penghubung dengan panjang sekitar 10 km tersebut. “Untuk hibah warga sudah siap karena jembatan dan jalan ini sangat kita perlukan,” bebernya.

Sementara Kadis PUPR Mirza ST menambahkan bahwa Bupati Lahat langsung menindak lanjuti usulan warga. Sebelumnya Gubernur Sumsel dan Bupati Lahat telah meninjau lokasi. “Kita minta berkas hibah dan usulan warga untuk ditindaklanjuti. Untuk pembangunanya bisa dari APBD Kabupaten maupun Bantun Gubernur Sumsel pada tahun 2023 mendatang. Kita sangat apresiasi keinginan warga tersebut,” ungkapnya

Senada disampaikan Kepala UPTD Lahat Dinas PUBM- TR Provinsi Sumsel Hendri Wijaya bahwa pihaknya siap menindaklunjuti arahan Gubernur Sumsel. Pihaknya mengkaji rencana pembangunan jembatan dan akses jalan yang diusulkan warga tersebut.

Sementara Bupati Lahat,Cik Ujang. SH menegaskan bahwa pihaknya akan menampung usulan warga. Pihaknya siap membangun sesuai prioritas dan kebutuhan warga. “Semoga usulan warga Pseksu tidak ada kendala dan bisa segera terlaksana,” ungkapnya. (Ninti)