LAHAT | Populinews.com – Koran rakyat.co.id – Bupati Lahat Cik Ujang SH, menghadiri peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang Ke-50 Tahun 2022, di Gedung Kesenian Kabupaten Lahat.pada hari Selasa (27/09/2022).

Tampak hadir Ketua TP – PKK Kabupaten Lahat Lidyawati S.Hut., MM., Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto SE., MM., M.B.A., Ketua GOW Sumiyati H. Hariyanto S.Hut., Sekretaris Daerah (Sekda) Chandra SH., MM., Beserta Istri Ria Chandra Afriani., Kapolres yang di Wakili oleh Polres Bhayangkari Ibu Endang Eko Sumaryanto., Ketua Ikatri DPRD Kabupaten Lahat Yessi Fitrizal., Ketua Persit., Serta Seluruh Jajaran OPD dan ASN Kabupaten Lahat.

Pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) yang Ke – 50 PKK berpedoman kepada Yang Pertama, Perpres RI No.99 Tahun 2017, Tentang Gerak PKK, Yang Kedua Permen Dalam Negeri No.36 Tahun 2020 Tentang Peraturan Presiden No 19 Tahun 2017 Tentang Gerakan PKK, Yang Ketiga Permen Dalam Negeri No 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Pemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Maksud dan Tujuan yang ingin dicapai dalam Pelaksanaan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) yang Ke – 50 di Kabupaten Lahat, adalah Yang Pertama, Bahwa Kebudayaan, Kesejahteraan, Keluarga merupakan Gerakan yang menampung Masyarakat yang tumbuh dari bawah yang Pengelolaannya dan boleh untuk Masyarakat, Tujuan Kegiatan Pelaksanaan Kegiatan ini bertujuan untuk Yang Pertama sebagai Momentum untuk mengelorakan Sepulu (10) Program PKK Pokok PKK sesuai dengan Loyalitas Program sebagaimana yang telah ditetapkan berbagai Permasalahan yang dihadapi dan Potensi yang dimiliki ,” paparan dari Kadis Pemdes Darul Effendi.

Peserta Hari Kesatuan Gerak (HKG) yang Ke – 50 di Kabupaten Lahat, Tahun 2022 diikuti serta dihadiri oleh beberapa Komponen untuk Unsur Elemen Masyarakat yang terdiri dari Yang Pertama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Lahat, Kedua Ketua GOW Kabupaten Lahat, Ketiga Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat, Ketua Dharma Persatuan Kabupaten Lahat, Para Pemimpinan Koordinasi Perangkat Daerah Kabupaten Lahat, Para Camat Se – Kabupaten Lahat, Ketua TP – PKK Kecamatan, Desa, dan Keluarahan Se – Kabupaten Lahat.

Seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan 24 Kecamatan dan Desa 360 Desa, 17 Kelurahan yang hadir pada Acara hari ini .

Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022, dalam keadaan sehat walafiat Baiklah saya akan membacakan sambutan ketua tim penggerak PKK pusat pada hkg PKK yang ke-50

sambutan dari Ketua TP – PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang S.Hut., MM. Menyampaikan dengan memperingati Hari Kesatuan gerak (HKG) PKK Ke-50 kali ini menjadi sangat istimewa hari ini merupakan Peringatan Tahun Emas Gerakan PKK di Indonesia melalui Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK kali ini Saya menginginkan agar Gerakan kembali kepada Ruhnya yaitu sebagai Gerakan Masyarakat Pemberdayaan Keluarga.

Yang artinya apa Keluarga lah yang harus menjadi Fokus Perhatian Kita, Keluargalah yang harus Kita berdayakan karena Keluarga merupakan Unit Terkecil di Masyarakat sehingga apabila Keluarga -keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan Potensi dan Kebutuhannya ,”

Gerakan PKK juga berpotensi Pemberdayaan Masyarakat secara Keseluruhan oleh karena itulah menjadi sangat beralasan bilamana Tema peranan Peringatan Hari Kesatuan gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022 ini adalah 50 Tahun Gerakan PKK Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama.

Tema ini harus melekat dalam Sanubari kita semua sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK tema ini juga harus menjadi Tekad Kita bersama bahwa kita ingin mendedikasikan semua Pengabdian dan Kiprahnya Gerakan PKK dalam beserta Memajukan dan Mensejahterakan Masyarakat yang berarti juga untuk Kemajuan Negara dan Bangsa Indonesia ,” tambahnya.

Sepanjang 50 Tahun Perjalanan Gerakan PKK itu banyak hal yang telah dilakukan Dinamika Perjalanan Gerakan PKK selama ini bisa menjadi Bahan Pembelajaran bagi Kita semua.

Upaya Memberdayakan Keluarga dan Masyarakat itu perlu dilakukan dengan Pendekatan Cinta Rasa dan Karsa yakni dengan Hati dan Niat yang tulus Oleh karena itu Gerakan PKK pada Hakekatnya dilakukan dengan Pendekatan Partisipatif dan Kerjasama selain itu Momentum Peringatan HKG PKK kali ini juga harus Mampu Kita Daya Gunakan sebagai Media untuk membuat Diri secara Kelembagaan dan melakukan Evaluasi dalam program ,” tutupnya.

Setelah Kata Sambutan dari Ketua TP – PKK Kabupaten Lahat, Seluruh Jajaran OPD dan ASN beserta Seluruh Jajaran Anggota PKK yang ada di Kabupaten Lahat Melakukan Donasi untuk Korban yang Terkena Siram Cuka Para Desa Manggul Kabupaten Lahat Yang bernama Ibu Yunita dan Dana yang Terkumpul Sebesar Rp. 23.340.000,- ( Dua Puluh Tiga Juta Tiga Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah ).

Selanjutnya Sambutan dari Bupati Lahat Cik Ujang SH.Setiap Anggota dalam Gerakan Kader Gerakan PKK bersama Sejahterakan Masyarakat, Setiap Anggotanya Khususnya Tim Penggerak PKK di Kabupaten Lahat, hendaknya dapat menjadi Momentum menjadi Titik Tolak dalam Gerakan Keluarga.

Saya harap ke depan untuk memunculkan Warga yang Berkualitas terutama Ibu yang mana Kita selama ini selain digerakkan dari ke Tetangga dekat rumahnya sampai ke Desa – desa untuk lebih dekat, seperti Sayuran, Batang Cabe aja dekat Rumah Kita jadi tidak usah beli lagi, cabai kalau ada Sayur – sayuran yang bikin untuk Kita Bangun Insya Allah, Kita tidak beli lagi. Sayur – sayuran ini digerakkan dari PKK apalagi PKK ini dari Kamu, Pusat sampai ke Provinsi Kabupaten sampai ke Desa banyak sekali apalagi Ibu – ibu, ini banyaknya Kegiatan – kegiatannya di situ.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Lahat Mensupport dan Memberi Apresiasi kepada Ibu – ibu PKK, Ketua beserta Anggotanya yang telah membantu Masyarakat Kita yang lagi terkena Bencana terutama tadi sudah beberapa kali Saya dikabari ataupun ada Laporannya bahwa itu ternyata dan Anggotanya ini memberangkatkan Keluarga Kita ataupun Saudara Kita yang Kena Siram Cuka Parah oleh Bibik nya Sendiri di Kabupaten Lahat yang terkena musibah untuk diobati ke Provinsi Sumatera Selatan dan ini sudah ada jalur dan yang mengantarkannya ,” ucapnya

Alhamdulillah, Ibu PKK ini sudah ada Tim untuk memperbaiki Rumah ada Bedah Rumah, ada masyarakat kita tadi yang kena Siram Cuka Parah, ada yang kena Tumor, ada yang Kena Penyakit – penyakit lain yang di Kabupaten Lahat ini.

Ini adalah Kepedulian Kita, Sesama Kita untuk membantu Keluarga Kita yang lagi Kena Musibah oleh sebab itu kita Apresiasi dulu kepada Ketua dan Anggotanya supaya apa PKK ini Semakin Gaya dan Semakin Lama, Semakin Dia Perduli kepada Masyarakat Kita ,” tambahnya.

Selamat menjalankan Ultahnya yang Ke – 50 Tahun Emas ini, Semoga bisa membantu sesama dan memanfaatkan Pahala serta Barokah dari Allah SWT.

Untuk itu maka diperlukan sinergi yang kuat antara TP – PKK dengan Para Pemangku Kepentingan termasuk Kalangan Pemerintahan, Dunia Usaha, Pers, Dunia Akademisi, Organisasi Kemasyarakatan, dan Masyarakat itu Sendiri, untuk mampu mendorong Percepatan Penyelesaian – penyelesaian yang ada di Kabupaten Lahat, Kita Cintai ini tidaklah hanya Semata – mata untuk menciptakan Generasi Emas 2045, namun lebih luas lagi dalam meningkatkan Kesejahteraan Individu Masyarakat ,” tutupnya. (Ninti)