PALEMBANG | Populinews.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi Desa Betung Barat yang telah menunjukan kemandirian bukan hanya dalam swadaya tetapi diiringi spirit berolahraga dan menyehatkan masyarakat. Menurutnya untuk melakukan kemandirian memang dibutuhkan kesehatan jasmani dan rohani.

Hal ini diungkapkannya saat meresmikan Putaran Keling Sport Center dan Pembukaan Turnamen Mobile Legend bertempat di Desa Betung Barat Kabupaten PALI, Rabu, (5/10/2022). Dalam kesempatan itu, Herman Deru mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) di Desa Betung Barat.

GSMP bertujuan mengubah pola pikir pembeli menjadi penghasil sehingga harga pangan dapat terjaga dengan stabil dan tidak memberatkan masyarakat. “Ayo ibu-ibu kita manfaatkan halaman rumah masing-masing untuk ditanami cabai, bawang tomat, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survey hampir seluruh rumah tangga memiliki kebutuhan pangan sehari-sehari bagi keluarga kecil adalah senilai Rp 700 ribu per bulannya. Hal ini diluar kebutuhan pokok beras dan jagung.

Untuk itu, HD menyerahkan bantuan bibit tanaman ke masyarakat. HD katakan untuk selanjutnya kepala desa setempat dapat meminta tambahan bibit ke Dinas Pertanian dan Holikultura Sumsel melalui Pemda setempat.

Selain itu, HD mengungkapkan bahwa Tahun 2022, PALI diberikan total Rp. 50 M bantuan langsung Gubernur yang diantaranya dialokasikan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat salah satunya untuk Desa Betung Barat.

Untuk mendukung pembangunan dapat terlaksana dengan baik, HD mengajak masyarakat tetap menjaga kerukunan di masyarakat dimulai dari keluarga.

Wakil Bupati PALI, Drs H Soemarjono, mengatakan Pemkab PALI bersama masyarakat berkomitmen mendukung program Pemprov Sumsel. Salah satunya implementasi GSMP di tengah-tengah masyarakat,” katanya. (hms)