LAHAT | Populinews.com – Bupati Lahat, Cik Ujang.SH memimpin langsung upacara peringatan hari santri nasional tahun 2022 di Kabupaten Lahat, yang mengambil tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” Sabtu (22/10/2022) bertempat di halaman Pemkab. Lahat.

Turut hadir dalam kegiatan Wabup Lahat H.Haryanto SE MM, Forkompimda Kabupaten Lahat,Kakankemenag Lahat,Ketua NU Lahat dan jajaran, Anggota DPRD Kabupaten Lahat, jajaran OPD/ Badan, Camat, para Santriwan/Santriwati di Kabupaten Lahat dan peserta upacara lainnya.

Bupati Lahat,Cik Ujang.SH sebagai Inspektur upacara membacakan amanat Menteri Agama pada upacara di peringatan hari santri tanggal 22 Oktober tahun 2022.

Saudara-saudara sekalian, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

”Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan. Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.” ujarnya. (Ninti)