PALEMBANG | Populinews.com – Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala BSN RI, Drs. Kukuh S. Achmad, M.Sc., kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru atas komitmen dan dedikasi dalam pengembangan standarisasi dan penilaian kesesuaian. Diserahkan di Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (26/10/2022).

Selain Gubernur Sumsel, H Herman Deru, penghargaan juga diberikan kepada Menparekraf RI, Sandiaga Uno, dan Akademisi Sumsel, Dr Suheryanto, M.Si.

Dikesempatan yang sama, HD menerima tanda waktu nasional yang pertama kali di Indonesia pada pembukaan Bulan Mutu Nasional Tahun 2022 dan Seminar Nasional Standarisasi 2022 diselenggarakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Tanda waktu ini rencananya akan diletakan di Kantor Gubernur Provinsi Sumsel.

“Kegiatan ini akan meliterasi masyarakat tentang pentingnya standarisasi dan aspek konsistensi mutu suatu produk. Pada implementasinya saya harapkan ada sosialisasi yang gencar dan standarisasi jemput bola,” ujarnya.

Menurut HD, standarisasi jemput bola akan membantu meningkatkan produk yang ada karena terdapat banyak potensi produk yang dapat distandarisasi khususnya bagi UMKM yang mungkin para pelaku usahanya belum mengerti tentang hal ini.

“Selain itu, mutu yang sudah dilabeling juga perlu diawasi dalam jangka waktu tertentu sehingga kualitas yang ada tetap terjaga,” tuturnya.

Kepala BSN RI, Drs. Kukuh S. Achmad, M.Sc., ungkapkan peringatan Bulan Mutu Nasional telah dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 1991. Bertujuan untuk meningkatkan pentingnya kesadaran masyarakat akan pentingnya standarisasi dan perannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini juga diisi dengan Seminar Nasional Standarisasi dengan total lebih dari 3.000 peserta secara daring dan luring. Selain itu, terdapat festival UMKM Ber-SNI pada 28-30 Oktober 2022 di Lantai Dasar Palembang Square.

Dalam kesempatan itu, HD juga menyerahkan bantuan peralatan pemenuhan teknis SNI dari Pemprov Sumsel kepada perwakilan UMKM penerap SNI.

Turut hadir Sekda Sumsel, Ir. S.A.Supriono, Forkopimda Sumsel, dan Para Kepala OPD Sumsel. (hms)