LAHAT | Populinews.com — Sebanyak 406 anggota Satuan Pilisi Pamong Praja (Satpol PP) desa/kelurahan, digembeleng pendidikan militer oleh porsenil Kodim 0405 Lahat.

Pelatihan ini tujuannya, agar Pol PP desa/kelurahan yang baru dibentuk memiliki fisik dan mental yang kuat, dalam melayani masyarakat. 406 anggota Satpol PP baru ini, akan disebar ke 360 desa dan 17 kelurahan dalam Kabupaten Lahat. Kamis (20/10/2022 ), bertempat di Lapangan Makodim 0405/Lahat.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan, Satpol PP desa/kelurahan nantinya harus berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintahan desa/kelurahan setempat. Tugas yang harus dijalankan, jangan dianggap remeh. Tapi jangan pula karena sudah jadi anggota Satpol PP, mala bersikap sombong, angkuh. Karena tugas utamanya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

“Cik Ujang mengingatkan, Satpol PP desa/kelurahan bisa menjalankan perannya sebagai penegak peraturan daerah (Perda). Seperi Perda larangan orgen tunggal (OT) malam hari. Karena keberadaan OT punya banyak dampak negatif. Terbukti banyak warga yang kehilangan nyawa ketika pengelaran OT. Bahkan narkoba maupun miras bisa beredar bebas ketika ada OT.

“Bukan kita mau saling benci, tapi kita mau mengembalikan budaya dan keamanan di desa. Perda larang OT ini sudah lama ada, tolong ditegakkan. Saya tidak ingin generasi muda terjerat narkoba, agar masa depan mereka cerah. Mungkin ada yang mau masuk polisi atau tentara. Kalau sudah kena narkoba, itu bakal susah,” pesan Cik Ujang.

Turut hadir, Wakil Bupati Lahat H Haryanto.SE MM, Dandim 0405/Lahat, Kapolres Lahat, Ketua Pengadilan Negeri, jajaran OPD, para Camat,Lurah dan seluruh peserta pelatihan. (Ninti)