LAHAT | Populinews.com – Sebuah kemajuan besar terjadi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Serelo Lahat. Lembaga pendidikan tinggi ini terhitung 2023 resmi menjadi Universitas Serelo Lahat, disingkat Unsela. Pergantian status tersebut diresmikan oleh Bypati Lahat Cik Ujang SH, di Lapangan Kampus Unsela, Rabu (9/8/2023).

Tampak hadir sejumlah pejabat teras Pemkab Laha, antara lain Sekda Lahat Chandra,SH, MM, Asisten I Prov. Drs H Edward Candra MH, TBUPP, Seluruh Kepala OPD, Seluruh Kabag, Direktur RSUD, Camat Lahat, serta tamu undangan lainnya.

Perguruan tinggi yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Serelo Lahat (YPS), kini telah memiliki tiga fakultas dan 6 program studi (prodi). Diantaranya Fakultas Ekonomi yang terdiri dari prodi Managemen (S1), Bisnis Digital (S1), dan Managemen (S2).

Kemudian Fakultas Ilmu Komputer, dengan dua prodi, antara lain Sistem Informasi (S1) dan Teknik Informatika (S1). Terakhir Fakultas Pertanian dengan prodi Sosial Ekonomi Pertanian (S1).

Ketua YPS Lahat Drs H Achmad Fachri MM, YPS berdiri sejak 20 tahun lalu. Selama ini, hanya menaungi dua prodi saja, yaitu Managemen dengan akreditasi B. Namun, semakin berkembangnya tuntutan zaman dan fasilitas yang semakin lengkap, STIE lalu bertransformasi menjadi universitas.

Sebelum berubah status jadi Unsela, pihaknya juga telah lakukan survei pada tahun 2019, kepada 8.625 siswa jenjang SMA/MA/SMK. Rata-rata hasil survei menjawab, bahwa siswa jenjang atas lebih tertarik untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi yang berstatus sebagai Universitas.

“Berawal dari dua prodi, sekarang Unsela sudah banyak pilihan fakultas dan prodi. Ini juga untuk menjawab, buat apa kuliah jauh-jauh kalau di daerah sendiri sudah ada,” ucapannya.

Fachri menambahkan, berubah status kampus jadi Unsela, guna meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. “Selaras dengan cita Bupati Lahat H Cik Ujang SH, dalam kembalikan Lahat sebagai Kota Pelajar,” sampainya.

Gubernur Sumsel H Herman Deru, melalui Asisten I Drs H Edward Candra MH mengatakan, Unsela merupakan upaya dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Lahat khususnya dan Sumatera Selatan umumnya. Unsela bertransformasi dari STIE tidak diragukan lagi kapabilitasnya.

“Selamat atas perubahan status, semoga akan melahirkan generasi yang berkualitas untuk Kabupaten Lahat, Sumsel dan Indonesia umumnya,”Paparnya.

Kemudian Bupati Lahat H Cik Ujang SH mengatakan, potensi manusia akan optimal dengan pendidikan dan kompetitif individu. Senada dengan tujuan pendidikan nasional, untuk cerdaskan bangsa dan kembangkan manusia seutuhnya, jadi insan yang beriman dan bertakwa, berbudi luhur.

Disisi lain, merespon tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Unsela bukan pendatang baru di pendidikan kabupaten Lahat, karena telah berkiprah sejak 1995 dengan nama STIE, dan pencapaian baru yaitu Unsela.

“Unsela menyelenggarakan pendidikan inklusif dan berkualitas, untuk memajukan perekonomian dan mengurangi kemiskinan. Menjadi angkatan kerja mumpuni dan lincah dalam menghadapi beragam tantang di dunia kerja hingga tingkat globalisasi. Yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, melalui penelitian dan akses terhadap perkembangan global dalam kemajuan negeri,” Katanya. (lh)