LAHAT | Populinews.com – Pemeirntah Kabupaten Lahat melalui Dinas Lingkungan Hidup, Senin (21/8/203), menggelar Konsultasi publik perumusan isu strategis pembangunan berkelanjutan dalam rangka penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Startegis Rencana Jangka Panjang Pembangunan Daerah (KLHS-RPJPD) tahun 2025-2045 Kabupaten Lahat.

Kegiatan berlangsung di hotel Bukit Serelo Kabupaten Lahat pada hari ini, Turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Lahat H.Haryanto,SE.MM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat Ir.Agus Salman beserta seluruh jajaran, tim tenaga ahli beserta tim, para Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lahat, Dirut RSUD Lahat, narasumber, pemerhati lingkungan, Camat serta tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat Ir.Agus Salman dalam laporanya menyampaikan bahwa tujuan dari Konsultasi publik perumusan isu strategis pembangunan berkelanjutan dalam rangka penyusunan KLHS RPJPD tahun 2025-2045 Kabupaten Lahat merupakan rangkaian kegiatan penyusunan RPJMD tahun 2025-2045 Kabupaten Lahat dengan terus melibatkan stake holder dan komponen masyarakat serta pihak lain dalam pengkajian isu stregis pembangunan berkelanjutan setelah sebelumnya di lakukan pengumpulan.

“Kami sampaikan bahwa peserta dari konsultasi publik perumusan isu strategis pembangunan berkelanjutan dalam rangka penyusunan KLHS RPJPD tahun 2025-2045 Kabupaten Lahat ini terdiri dari tim pokja 45 orang,penata ahli 5 serta undangan lainnya.”sampainya.

Sementara Bupati Lahat H.Cik Ujang, SH melalui Wakil Bupati Lahat H.Haryanto,SE.MM dalam kata sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan KLHS wajib di laksanakan oleh pemerintah daerah. KLHS merupakan analisis yang sistematis menyeluruh dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam kebijakan dan atau rencana program pembangunan suatu wilayah.

Ditambahkanya agenda penyusunan KLHS RPJPD Kabupaten Lahat tahun 2025-2045 saat ini telah masuk pada tahap konsultasi publik 1 dengan muatan pengkajian isu strategis pembangunan berkelanjutan.Fase ini akan menganalisa sejauh mana pencapaian target yang di capai.

“Saya berharap kepada saudara atau yang mewakili untuk dapat secara aktif berkontribusi dalam kegiatan ini pada masing-masing porsi kerjanya sehingga nantinya akan tersusun dan tersaji dokumen KLHS RPJPD sebagai instrumen pembangunan berkelanjutan agar bisa di laksanakan ke dalam dokumen perencaan daerah yang diamanatkan,” tutupnya. (lh)