LAHAT | Populinews.com – Komandan Kodim 0405 Lahat, Letkol Inf. Azis Komarudin SE. SIP, mengingatkan agar personil TNI selalu menjaga sikap dan kekompakan dengan anggota Polri dimanapun dan dalam situasi apapun. Apalagi disaat melakukan pengamanan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Penegasan itu disampaikan Dandim saat berbicara pada apel bersama dengan jajaran Polres Lahat, yang juga dipimpin langsung Kapolres lahat AKBP God Parlasro S. Sinaga SH. SIK. MH, Selasa (2/4/2024) di Mapolres Lahat. Apel bersama ini dihadiri seluruh PJU, Kapolsek, Perwira, Bintara Polres Lahat, PJU Kodim, para Danramil Lahat dan seluruh personel Kodim 0405 Lahat.

Apel bersama Polres dan Kodim merupakan bentuk kebersamaan sinergisitas dan solidaritas TNI-Polri khususnya di wilayah hukum Polres Lahat.

Dalam sambutanya Komandan Kodim 0405 Lahat, Letkol Inf. Azis Komarudin mengatakan bahwa apel gabungan ini sebagai wujud sinergi TNI – Polri (Polres Lahat dan Kodim 0405 Lahat). Terutama menyangkut pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, sehingga Polisi dan TNI makin intensif melakukan kegiatan kemasyarakatan bersama.

Dandim juga mengharapkan seluruh personel Polres dan Kodim untuk solid dan tetap bersinergi dalam mengemban tugas negara sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Apel bersama dilakukan juga sebagai bentuk sinergisitas yang kuat untuk mengantisipasi senggolan atau benturan antara personel Polres dan Kodim yang ada di lapangan. Juga mengatasi segala gangguan Kamtibmas, dan tidak ada kekuatan lain yang bisa menggantikan kekuatan TNI dan Polri.

”Maka dari itu kita jangan sampai diadu domba oleh pihak lain. Jaga selalu kekompakan dan laporkan kepada saya secara langsung apabila ditemukan ada anggota TNI yang kurang senang apabila ditegur atau ditindak oleh petugas polres di lapangan,” ujar Dandim.

Begitu juga personel Polres, menurut Dandim, agar menghindari sikap semena-mena dengan personel TNI, untuk hal-hal yang bisa dibicarakan dengan dingin. Intinya selalu jaga solidaritas dan semua permasalahan bisa diselesaikan oleh pimpinan masing-masing. (Lili)

Sumber: Kasubsi Penmas Humas Polres lahat Aiptu Lispono SH.