Pemkap Bintan Kembali Salurkan BLT Tahap II 

29 views

Foto: Bupati Bintan, Apri Sujadi Kembali Salurkan BLT Tahap II 

Senin 15 Juni 2020, 15.00 Wib

BINTAN | Populinews.com.
Pemerintah Kabupaten Bintan Kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II ke seluruh warga desa dan kelurahan yang tersebar di 10 kecamatan.

Penyerahan itu dilakukan langsung secara simbolis oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Wakilnya Dalmasri Syam serta Sekda Bintan, Adi Prihantara, Senin (15/06/2020).

Apri Sujadi bersama Adi Prihantara membagikan BLT secara simbolis di Kecamatan Teluk Bintan, Toapaya dan Gunung Kijang. Sedangkan Dalmasri Syam membagikannya di wilayah Kecamatan Teluk Sebong.

Hadir juga dalam penyerahan, Ketua DPRD Bintan, Agus Wibowo dan anggotanya, Kepala FKPD Bintan, Kepala OPD Bintan, para camat, lurah dan kades.

Pemkab Bintan telah mengucurkan BLT yang bersumber dari APBD selama masa tanggap darurat Covid-19 atau dari April-Juni 2020 mencapai Rp 65 miliar lebih.

Dalam mendukung pemenuhan kebutuhan bagi BLT tersebut, Pemkab Bintan mensiasati dengan mencoret sejumlah alokasi pembangunan fisik. Adapun anggaran tersebut disalurkan ke masyarakat dengan beberapa kategori penerima.

Kategori BLT Daerah dari APBD dengan jumlah 19.149 KK mencapai Rp 34,46 miliar. Lalu kategori BLT Daerah dari APBDes dengan jumlah 7,668 KK mencapai Rp 13,8 miliar.

Kemudia kategori penerima PKH yang disubsidi melalui APBD sebesar Rp 400 ribu perbulan dengan jumlah 4.625 KK mencapai Rp 5,5 miliar dan terakhir Kategori Data Tambahan melalui APBD Bintan dengan jumlah 6.330 KK mencapai Rp 11,39 miliar.

Sedangkan untuk, BLT yang berasal dari Pusat atau APBN , selama masa tanggap darurat tersebar senilai Rp 10,8 miliar lebih yang terdiri atas Rp 2,7 miliar lebih dengan kucuran BLT PKH Rp 600 ribu per tiga bulan atas 4.625 KK serta Rp 8,1 miliar lebih untuk BLT Pusat dengan nilai Rp 1,8 juta per tiga bulan bagi 4.528 KK.

Saat penyaluran BLT tersebut, Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan bahwa dirinya mengharapkan agar penggunaan BLT tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat Bintan dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut juga sebagai bagian dari program recovery ekonomi yang diharapkan dapat membantu masyarakat usai pandemi Covid-19 yang telah mengganggu seluruh sektor.

Apalagi memasuki masa penyesuaian pola hidup baru, tentunya kita harapkan agar berbagai sektor yang selama masa pandemi Covid-19 terjadi penurunan, saat ini dapat bergerak naik kembali, terkhususnya lagi sektor ekonomi. Sehingga masyarakat dapat berkerja kembali dengan persyaratan mengikuti aturan protokol kesehatan. (Hms/red)

Bagikan :

Posting Terkait