LAHAT | Populinews.com — Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto, SE MM, melakukan peletakan batu pertama pembangunan penerangan Lampu Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kelurahan Sari Bungamas Kecamatan Lahat, Senin (27/07). Adapun tema kegiatan ini “Indonesia Terang Sumsel Benderang”.

Hadir dalam acara ini para OPD, Camat, Lurah dan Kades se-Kecamatan Lahat, Direktur CV. Sapa Koja Revadani Oktaviani beserta jajaran,Direktur CV. Ajoen Achmad Junisar, S.Sos beserta jajaranya serta para tamu undangan yang sempat hadir.

Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto, dalam arahanya menyampaikan bahwa program PJU Tenaga Surya ini tentunya menjawab kerinduan masyarakat akan adanya energi listrik yang lebih ramah lingkungan, sehingga bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di samping itu dengan adanya penerangan lampu ini di harapkan masyarakat akan dapat menjaga dan memeliharanya sehingga dapat berfungsi secara maksimal untuk menerangi jalan-jalan yang ada di kawasan desa.

“Dengan adannya penerangan lampu ini Lahat mudah-mudahan Lahat akan semakin bercahaya, dan kami sampaikan ucapan terima kasih kepada CV. Sapa Koja dan juga semoga penerangan lampu ini dapat berfungsi secara maksimal untuk kepentingan masyarakat.”tuturnya

Sementara Direktur CV Sapa Koja Revadani Oktaviani mengemukakan bahwa pemberian penerangan lampu jalan umum tenaga Surya ini pada intinya di berikan kepada masyarakat secara gratis dari dana hibah pemerintah Dubai Arab Saudi.Di Kabupaten Lahat ini sendiri mendapatkan penerangan lampu sebanyak 2.500 untuk periode pertama.Lampu ini juga di peruntukan bagi jalan-jalan kecil yang ada di desa.

“Kami berharap semoga desa-desa terpencil dapat mendapat menikmati penerangan jalan umum secara merata dan untuk masyarakat agar dapat menjaga penerangan lampu ini dengan sebaik-baiknya agar tetap terus di manfaatkan secara maksimal.”ujarnya

Direktur CV.Ajoen Achmad Junisar,S.Sos menambahkan penerangan lampu ini bertahan sampai dengan 10 jam pada malam hari dari penyimpanan tenaga Surya di siang hari.Dijelaskanya bahwa kelebihan dari penerangan lampu ini tidak menggunakan batrey sehingga kemungkinan kecil akan ada pencurian dan juga mempunyai barkot yang hanya di miliki oleh CV.Sapa Koja.

“Di harapkan dengan adanya penerangan lampu ini dapat meminimalisir kejahatan dengan menjaga keamanan dan perawatannya juga dapat di jaga,” ungkapnya.

Sedangkan Lurah Sari Bungamas Ridisyah mengatakan pada tahap pertama ini ini kelurahan Sari Bungamas ini mendapatkan 15 penerangan lampu sehingga setiap RT mendapatkan penerangan lampu.Di harapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan dan menjaganya sehingga Lahat akan semakin ber-Cahaya. (*) Rochmi