JAKARTA | Populinews.com – PT Hutama Karya (Persero), sebagai Pengembang Infrastruktur Terkemuka di Indonesia, kembali menyabet penghargaan. Kali ini meraih prestasi sebagai top 5 BUMN dengan submisi karya inovasi terbanyak dalam ajang BUMN Millennials Innovation Summit (MIS) yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN.

Keberhasilan ini tentu saja karena PT Hutama Karya juga didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul termasuk dari kalangan millennials yang mengisi porsi lebih dari 50% total SDM yang ada.

Ajang BUMN Millennials Innovation Summit digelar di Plaza Bapindo Mandiri Tower (30/7), dengan protokol kesehatan yang ketat. Awarding BUMN Millennial Summit dihadiri langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.
Selain itu turut hadir beberapa Direksi perusahaan yang berhasil mendapatkan penghargaan dalam ajang bergengsi ini termasuk dari Hutama Karya yang diwakili oleh Direksi dengan didampingi Kaptem Millennial Hutama Karya, Fikri.

Dilansir dari situs hutamakarya.com, Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan, mengatakan bahwa dalam ajang sayembara inovasi perdana yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN ini, Hutama Karya mengirimkan 369 karya inovasi dari millennialsnya baik di induk hingga anak dan cucu persuahaan.

“Sesuai dengan tagline kami “Inovasi untuk Solusi” maka kami mendorong dan mendukung penuh karyawan Hutama Karya khususnya kaum millennials untuk berpartisipasi dalam ajang ini, dengan menampilkan berbagai ide inovasi khususnya di sektor industri infrastruktur dan konstruksi,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa saat ini perusahaan juga memberikan fokus lebih pada inovasi dan ide-ide segar yang bisa memberikan efisiensi atau mengakselerasi proses bisnis yang dapat berdampak positif bagi perusahaan.

“Baru-baru ini kami melakukan penyesuaian dalam organisasi dengan membangun divisi baru yaitu Divisi Sistem, TI, & Riset Teknologi. Harapannya ini dapat mewadahi seluruh kegiatan riset berbasis teknologi yang ada di Hutama Karya untuk melahirkan inovasi-inovasi baru kedepan. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada millennials Hutama Karya,” tutup Fauzan.

BUMN Millennial Innovation Summit 2020 merupakan sebuah ajang inovasi yang digawangi oleh Kementerian BUMN dimana bertujuan untuk memacu kreatifitas generasi Millennial BUMN dengan rata-rata usia dibawah 37 tahun.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapat melahirkan ide-ide segar yang inovatif yang tak hanya berdampak pada pengembangan bisnis dan teknologi perusahaan namun juga bermanfaat bagi masyakarat. Terdapat 3 (tiga) kategori yang dilombakan dalam ajang inovasi ini diantaranya Business Strategy, Technology Breakthrogh, dan Social Innovation.

Dari seluruh inovasi yang di submit oleh millennial Hutama Karya, ada 3 inovasi terbaik yang mewakili Hutama Karya dalam ajang ini diantaranya inovasi Business Strategy dengan judul “Pengembangan Kawasan sebagai Value Capture Pembangunan JTTS” oleh millennial Divisi Pengembangan Bisnis & Investasi; inovasi Technology Breakthrogh dengan judul “Inovasi Roughing Mill PT Bhirawa Steel” oleh millennial Bhirawa Steel, yang merupakan cucu perusahaan Hutama Karya; dan inovasi di bidang sosial dengan judul “Jembatan Gajah di Jalan Tol Ruas Pekanbaru – Dumai” oleh millennial Divisi Pembangunan Jalan Tol.

Meski tak berhasil menjadi pemenang di masing-masing kategori yang dilombakan, Hutama Karya sudah cukup berbangga menjadi 5 besar BUMN dengan sumbisi karya inovasi terbanyak, bersama dengan BRI, PTPN Holding, Petrokimia Gresik, dan Wijaya Karya. “Ini akan menjadi ancang-ancang yang baik untuk mempersiapkan persaingan di MIS tahun depan,” tutup Fauzan, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya. (red)