Silaturahmi ke KPU dan Kesbangpol, DPD Berkarya OKI Laporkan Kepengurusan Baru

308 views

KAYU AGUNG | Populinews.com — Pasca terbitnya SK Kepengurusan yang sah, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Beringin Karya (Berkarya) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengambil langkah cepat. Salah satunya, melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus melaporkan keberadaan pengurus partai kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten OKI.

Agenda kunjungan silaturahmi sekaligus audiensi pengurus lengkap DPD Berkarya OKI ini, berlangsung Selasa (18/8/2020) siang, dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas Ketua DPD Berkarya OKI, Syafe’i SH, didampingi Sekrtaris Zainal Abidin, Bendahara Rahma Dewi, para Wakil Ketua serta bidang humas dan publikasi.

Pertemuan dengan lembaga penyelenggara Pemilu di OKI ini dihadiri langsung oleh Ketuanya Deri Siswandi SP, MSi, didampingi anggota komisioner bidang pendataan serta Sekretaris KPU. Suasana pertemuan berlangsung dalam suasana pertemanan yang akrab, karena sebagian pengurus ada yang sudah saling kenal lama.

Deri Siswandi yang mengawali sambutan pembuka mengatakan bahwa KPU sangat terbuka kepada pengurus partai politik yang ingin berdiskusi maupun sumbang saran, mengenai hal apa saja yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu, baik pemilihan anggota legislatif maupun pemilihan kepala daerah.

Termasuk mengenai keperluan untuk verifikasi administrasi dan faktual partai politik peserta Pemilu. ”KPU sudah punya tim untuk itu. Kami akan berupaya membantu jika ada hal-hal yang kurang terkait administrasi dan verifikasi dimaksud,” ujarnya.

Deri juga mendoakan mudah-mudahan pada periode Pemilu berikutnya, ada kader Partai Berkarya di OKI yang bisa duduk di legislatif. Baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten OKI sendiri. ”Mudah-mudahan Partai Bekarya ini nanti memiliki wakilnya di parlemen,” ucap Deri, yang disambut, amiiin oleh semua yang hadir. Ia pun lantas mempersilahkan Ketua DPD Berkarya OKI untuk mengungkapkan maksud dan tujuan berkunjung ke KPU.

Ketua DPD Berkarya OKI, Syafe’i yang duduk disamping, langsung saja mengawali pertemuan dengan memperkenalkan dirinya termasuk para pengurus yang hadir. Ia juga menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan, tidak lain ingin melaporkan bahwa pengurus Partai Beringin Karya yang sekarang hadir ini berbeda dengan pengurus yang sebelumnya.

Pengurus DPD Partai Berkarya OKI sekarang ini disahkan berdasarkan Surat Keputusan Pelaksana Tugas No.016/DPW/Berkarya/VIII/2020, tertanggal 10 Agustus 2020, yang ditantangani Ulfa Afra Nissya Amka U dan sekretaris Herman, MH.

Terbitnya SK ini sekaligus juga membatalkan dan mencabut SK Nomor : SK/032-DPW Sumsel/Berkarya/VII/2020, tentang pengesahan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Partai Berkarya Kabupaten Ogan Komering Ilir periode 2017-2022, artinya SK itu sudah tidak berlaku lagi.

Selanjutnya dalam SK No. 016/DPW/Berkarya/VIII/2020 tersebut juga dijelaskan bahwa personalia Pelaksana Tugas DPD OKI, akan segera melaksanakan tugas tugas pokok, yakni melakukan koordinasi dan revitalisasi kepengurusan dengan komposisi minimal 30% perempuan.

”Kerena itu, kedatangan kami ke sini, selain bersilaturahmi dan berkenalan, kami ingin melaporkan bahwa DPD Berkarya Ogan Komering Ilir yang baru sudah terbentuk dan sah, karena sudah di-SK kan oleh pengurus DPW Sumsel. Namun kami ini sifatnya masih pelaksana tugas, yang nantinya akan segera melakukan validasi data kepengurusan secara definitif,” ujarnya.

Selain itu, pelaksana tugas pengurus DPD Berkarya OKI ini, juga akan segera membentuk pengurus di seluruh kecamatan dan desa, yakni Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) dalam wilayah OKI. Setelah semua pengurus DPC dan PAC terbentuk, pengurus DPD akan segera menggelar Musyawarah Daerah.

”Saat ini kami akan menyerahkan berkas lagalitas kepengurusan partai kepada KPU, sebagai bentuk laporan kami secara resmi,” ujar Syafe’i. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas sambutan pihak KPU yang telah menyediakan waktu dan sangat kooperatif terhadap apa yang disampaikan pengurus DPD Parta Berkarya OKI.

Sementara itu, Sekretaris DPD Berkarya OKI, Zainal Abidin menambahkan, selain akan menyerahkan SK Pengurus, disertakan juga SK Kemekum HAM, tentang pengesahan hasil Munas I, dan pengesahan perubahan AD/ART partai.

Kesbangpol Siap Membantu

Usai bersilaturahmi dengan KPU, Ketua DPD Berkarya OKI dan pengurus lainnya, bergeser ke kantor Badan Kesbangpol OKI. Tujuannya juga untuk melaporkan dan menyampaikan berkas kepengurusan partai berlogo beringin dilingkari rantai ini untuk wilayah OKI.

Kedatangan pengurus DPD Berkarya disambut ramah oleh Kepala Kesbangpol OKI, Arie Mulawarman. Dan secara kebetulan pula, pejabat yang satu ini, sudah kenal lama dengan Ketua DPD Berkarya OKI, Syafe’i dan Sekretaris Zainal Abidin, yang sama sama pernah menjadi Camat. Arie Mulawarman pun menerima secara terbuka apa yang disampaikan pengurus partai.

”Senang sekali bisa bersilaturahmi seperti ini. Mengenai berkas yang disampaikan kami akan kami pelajari, jika ada yang kurang lengkap, kami akan segera menghubungi. Mudah-mudahan, kami pun bisa membantu, dan berharap agar Partai Berkarya ini bisa sejalan dengan program pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan,” ujarnya

Arie Mulawarman juga sedikit berbagi informasi, bahwa sekarang ini, Badan Kesbangpol tidak lagi menjadi pengelola dana hibah untuk partai politik. Sejak beberapa tahun lalu kewenangan itu sudah beralih ke Kemendagri. ”Kecuali dana bantuan untuk Ormas dan LSM, masih tetap di Kesbangpol,” ujarnya menambahkan. (dm)

Editor : Dahri Maulana

Bagikan :

Posting Terkait