LAHAT | Populinews.com — Pemkab Lahat melalu Bappeda menggelar Rapat Sosialisasi Kabupaten Dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Kabupaten Lahat tahun anggaran 2021 dilaksanakan pada hari ini Rabu (09/09) di ruang Opproom Setda Lahat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto, SE.MM, Sekda Lahat Januarsyah Hambali, SH. MM, Kepala Bappeda Kabupaten Lahat Ir. Herman Oemar beserta jajaranya, PAKEM, Ketua PPMU Pamsimas Sumatera Selatan Achmad Syaiful, ST.M.Eng beserta rombongan, Distrik Proyek managemen unit DPMU Kabupaten Lahat, Distrik koordinator dan fasilitator masyarakat program Pamsimas, panitia kemitraan program Pamsimas, para Camat dan Kepala Desa peserta sosialisasi serta para tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Bappeda Kabupaten Lahat Ir. Herman Oemar dalam laporanya menyampaikan bahwa penyelengaraan sosialisasi penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ini merupakan salah satu program nasional yang di amanatkan untuk meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan akses air minum dan sanitasi.

Adapun tujuan sosialisasi ini menjelaskan tentang program Pamsimas baik dari proses pemilihan desa sasaran target dan jumlah penerima manfaat kriteria desa, menjelaskan prosedur pemilihan desa dari penerimaan proposal dan pengumuman jangka pendek desa sasaran dan penetapan desa sasaran menjelaskan tata cara penyusunan dan penyampaian proposal desa,melakukan pengisian proposal.

Sementara Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto, SE.MM dalam arahanya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan bahwa program Pamsimas ini sudah ada dari tahun 2008 sampai dengan saat ini.Tujuan dari sosialisasi program ini penjelasan mengenai program penyediaan air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat untuk mendapatkan bantuan penyediaan air bersih dan sanitasi serta mendapatkan pemeliharaan dari fasilitas yang telah di bangun.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi program Pamsimas III tahun anggaran 2021 ini dapat menghasilkan desa yang sesuai dengan kriteria yang di tetapkan,” ujarnya.

Ketua PPMU Pamsimas Sumatera Selatan Achmad Syaiful,ST.M.Eng dalam sambutanya mengutarakan program Pamsimas ini merupakan program penyedia air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat melalui pembangunan sumur bor atau penampungan air yang dialihkan secara grativasi yang melibatkan masyarakat melalui LKM yang di dampingi oleh konsultan ahli.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada OPD Kabupaten Lahat yang telah antusias dalam program Pamsimas ini dan marilah kita tunjukan kepada pemerintah pusat bahwa Kabupaten Lahat mampu melaksanakan program -program yang ada dan berhak mendapatkan bantuan baik dari Provinsi Sumatera Selatan maupun bantuan dari pusat.”tuturnya

Selaku Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Kabupaten Lahat Sinta Dewayanti,ST.MM melalui Kepala Sub Bidang Perumahan,Permukiman dan Perhubungan Bappeda Kabupaten Lahat Yulia Anisa,SE.MM menambahkan bahwa program Pamsimas III tahun 2021 merupakan program bantuan hibah untuk air minum dan sanitasi bagi pedesaaan untuk tahun anggaran 2021.Pada tahun anggaran 2021 nanti di fokuskan bagi desa baru yang artinya desa tersebut belum pernah menerima bantuan air minum Pamsimas sebelumnya,saat ini sudah di usulkan 20 desa yang masuk kriteria akan tetapi dialokasikan dari anggaran pusat hanya 15 desa dan hal ini bisa berubah.

Ada beberapa Kriteria untuk desa harus belum pernah mendapatkan bantuan Pamsimas sebelumnya,harus masuk dalam cekungan air tanah artinya mempunyai sumber air baku,desa tersebut memiliki lebih dari 700 KK.

“Dengan adanya sosialisasi program Pamsimas III ini di harapkan semoga setelah program Pamsimas ini yang akan berakhir tahun 2021 akan berlanjut dan desa-desa yang pernah mendapatkan bantuan Pamsimas sebelumnya akan mendapatkan bantuan perbaikan melalui program HID dan HKP,” harapnya. (*) Rochmi