LAHAT | Populinews.com — Forum Koordinasi Oimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lahat menggelar rapat bersama seluruh OPD dan pemuka masyarakat terkait terbitnya Inpres No.6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Rapat berlangsung Selasa(08/09) di ruang Oproom Setda Lahat, dihadir juga oleh para Assisten tokoh agama, unsur masyarakat dan jajaran kelembagaan dan Ormas lainya.

Dalam laporan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Ponco Wibowo SKM MKes mengatakan, sampai hari yang terkonfirmasi ada 61 orang meninggal 6 orang dan sembuh 35, dan 20 kasus terkonfirmasi positif. proses

“Masih dalam proses ada 20 dengan kondisi kasus covid 19, dengan rincian di rumah sehat Terminal Batai 6 pasien, di Rumah Sakit Rujukan 3 orang, RSMH Palembang 1 pasien, dan isolasi ada 9 kasus. Dan hari ini per Selasa Kemungkinan hari ini 1 dinyatakan sembuh,” ungkapnya.

Sementara, Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK mengatakan pada intinya turunan Inpres nomor 6 tahun 2020 ini dengan mekanisme penerapa sangsi yang bersifat edukasi.Didalam perbup ini, kepala daerah menugaskan dinas terkait dan dukungan dari TNI/Polri.

“Sedikit saran pada perbup baiknya disebutkan instansi apa saja, dan ditambah kalau bisa ada partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Menurut Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amien SE, bahwa perbup nomor 1 tahun 2020 sudah sangat bagus, namun perlu kesempurnaan dari setiap Forkopimda dan pemangku agama.

Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST mengatakan, dengan Inpres ini maka pemerintah daerah mempunyai payung hukum dalam menegakan disiplin protokol kesehatan.Ada dasar hukum, dan Peraturan bupati (Perbup) harus dilaksanakan, sehingga kita dapat disosialisasikan seperti melalui khutbah pada setiap sholat Jum’at.

“Kami wakil rakyat juga turun ke Dapil untuk mensosialisasikan peraturan daerah untuk melakukan pencegahan,jangan sampai masyarakat resah, karena Pemerintah Kabupaten Lahat melindungi masyarakat. Selain itu, disamping menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan perlu juga dilakukan sosialisasi anti body, seperti jangan banyak begadang, konsumsi bahan makan yang protein. InsyaAllah dapat terhindar dari covid 19,” ujarnya.

Wakil Bupati Lahat.H .Haryanto,SE. MM mengajak agar secara bersama- sama meningkatkan protokol kesehatan, guna mencegah dan memutuskan mata rantai covid 19.

“Kita sampaikan dulu kepada masyarakat dan para pengusaha seperti melalui Diskominfo,mudah-mudahan peraturan penegakan hukum dapat berjalan dengan baik,” tutupnya. (*) Rochmi