LAHAT | Populinews.com — Bupati Lahat Bupati Lahat Cik Ujang SH, Senin (28/09) mengkukuhkan Pengurus Dewan Kesenian Lahat (DKL) periode 2020-2025, di pendopoan rumah Dinas Bupati Lahat.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto, SE.MK, Sekda Lahat Januarsyah Hambali, SH.MM, Ketua TP.PKK Kabupaten Lahat atau yang mewakili, Ketua GOW, Ketua Darma wanita persatuan, para OPD,staf khusus Bupati serta para tamu yang undangan yang sempat hadir.

Ketua Dewan Kesenian Lahat periode 2020-2025 Safran, SIP dalam kata sambutanya menyampaikan dengan pengukuhan Dewan Kesenian Lahat ini sebagai tanda awal di mulainya pekerja DKL keberadaan secara riil, namun DKL ini dapat perkuat dengan akta notaris tahun 2016.Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang lama yang telah berjuang membangun kesenian di Kabupaten Lahat.

Kesenian tradisional yang saat keberadaanya memudar tergerus dengan kesenian modern.Oleh karena itu para generasi muda merasa asing dengan kesenian tradisional yang ada.Oleh sebab itu sebagai tugas DKL untuk tetap bahu membahu menjaga aset kesenian daerah tersebut dengan kata lain harus selektif dalam menerima kesenian dari luar.

“Kesenian daerah ini mempunyai banyak keunikan berkomitmen bersama pemerintah untuk berpartisipasi dalam mendukung menggali,membina serta melestarikan kesenian di Kabupaten Lahat agar lebih maju,mandiri dan berkualitas.”ujarnya

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang,SH dalam arahanya mengatakan dalam acara pengukuhan kepengurusan Dewan Kesenian Lahat periode 2020-2025 ini selamat bekerja berjuang dan berpartisipasi dalam pembangunan seni budaya di Kab Lahat.Di samping itu dengan adanya medsos yang sangat pesat perkembangannya sangat berpegaruh khususnya di bidang kesenian tradisional.

Adapun kesenian yang ada harus tetap mematuhi norma-norma dan harus selektif,bernilai seni tradisional seperti tari dan lagu daerah.Oleh sebab itu di harapkan agar terus memperkenalkan dan melestarikan kesenian tradisional Kabupaten Lahat.

“Kepada seluruh Dewan Kesenian Lahat agar mengadakan peelombaan-perlombaan kesenian tradisional seperti lomba tari daerah,lagu daerah serta musik daerahnya,” pesannya. (*) Rochmi