LAHAT | Populinews.com — Sektertariat Pemerintah Kabupaten Lahat melakukan sosialisasi Penyusunan Satuan Standar Harga, Jum’at (09/10) di Hotel Calista Kabupaten Lahat.

Hadir dalam acara ini pihak Inspektorat, Bagian Perlengkapan Kabupaten Lahat serta para peserta yang terdiri dari perwakilan SKPD yang ada di Kabupaten Lahat.

Novran Ardiwijaya selaku narasumber sekaligus Kasubag analisa kebutuhan dan pengadaan Bagian Perlengkapan Setda Lahat mengatakan sosialisasi standar satuan harga ini bertujuan untuk merangkum semua kebutuhan SKPD di masing-masing SKPD tersebut pada suatu program SIPD yang saat ini di kelola bagian aset.Standar satuan harga ini di peruntukan bagi semua aitem untuk mengikat di seluruh kegiatan SKPD agar mempunyai nilai yang sama.

Kepala Bidang Aset Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Lahat Guntur Martandi,SSTP menambahkan bahwa untuk kebutuhan di setiap SKPD yang mengetahui adalah pihak dari SKPD tersebut dan semuanya harus di input jangan sampai ada yang ketinggal.Sosialisasi standar satuan harga ini menjadi dasar dari nilai sebuah aitem.

Sementara Kepala Bagian Perlengkapan Setda Lahat Niel Aldrin,SE.MAP menyampaikan bahwa standar satuan harga tahun 2021 nanti akan di masukan ke dalam aplikasi SIPD.Aplikasi SIPD merupakan apikasi gabungan antara e planning dan e budgeting.Dan untuk seluruh RKA akan berpedoman pada aplikasi tersebut.Dengan adanya sistem aplikasi ini diharapkan akan memperkecil adanya tindak korupsi dan ada perubahan data yang sudah di buat.

“Untuk seluruh SKPD pada tahun 2021 nanti harus memasukkan data-data melalui aplikasi SIPD ini baru data tersebut dapat menjadi dasar penyusunan RKA selanjutnya.” tuturnya. (*) Rochmi