LAHAT | Populinews.com — Plt. Bupati Muara Enim, Rabu (21/10.2020), menyempatkan diri menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran yang menghanguskan 72 rumah di Pasar Bawah, Kabupaten Lahat. Kedatanganya disambut langsung oleh Bupati Lahat, Cik Ujang, SH.

Bantuan Pemerintah Kabupaten Muara Enim ini diserahkan secara simbolis, berupa uang tunai senilai Rp. 42 juta, 240 kg beras, 11 kotak pakaian pantas pakai dan beberapa kotak mie instan beserta air mineral.

Dalam keterangannya, Plt. Bupati H.Juarsah menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk solidaritas dan rasa simpati dari masyarakat maupun Pemkab Muara Enim terhadap saudara terdekat yang ditimpa kemalangan. Oleh sebab itu menurutnya sudah wajar sebagai saudara dan daerah bertetangga untuk saling membantu, apalagi secara pribadi dirinya pernah tinggal di lokasi sekitar kebakaran sehingga memiliki kenangan dan rasa emosional yang kuat dengan warga disana.

Lebih lanjut dirinya berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban dan sedikit menghibur 79 kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal. Plt. Bupati yang disambut hangat dan antusias dari para warga berkeyakinan jika cobaan ini dapat dilalui dan segera mendapatkan upaya terbaik dari Pemerintah Kabupaten Lahat.

Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang, SH dalam sambutannya mengatakan atas nama pemerintah maupun masyarakat Kabupaten Lahat menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim.Menurutnya Kabupaten Muara Enim dan Lahat merupakan saudara sekandung yang harus saling memperhatikan satu sama lain.

Disampaikan pula, dengan penambahan bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim, maka total keseluruhan dana bantuan yang terkumpul di posko telah mecapai Rp 1 miliar. Nantinya dana tersebut akan disalurkan secara transparan sesuai peruntukkannya.

“Pemerintah Kabupaten Lahat akan segera membangun kembali atau merehabilitasi rumah para korban yang hangus terbakar,” ujarnya. (*) Rochmi