LAHAT | Populinews.com — Pembukaan Lomba cipta menu beragam bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal tahun 2020,Selasa(27/10) di Gedung Kesenian Kabupaten Lahat. Adapun tema yang di usung dalam kegiatan ini “Dengan memngkonsumsi makanan beragam,bergizi,seimbang dan aman kita wujudkan keluarga sehat untuk menuju lahat bercahaya.”

Hadir dalam acara ini Bupati Lahat Cik Ujang, SH, Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto, SE. MM, Sekda Lahat Januarsyah Hambali, SH.MM, Assisten, staf ahli, para OPD, Camat se-Kabupaten Lahat, Ketua TP.PKK Kabupaten, para Ketua TP.PKK Kecamatan se-Kabupaten Lahat, Ketua GOW, Ketua Dharmawanita serta para tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat Darul Efendi, SE. M.Si dalam laporanya menyampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan dan membuka wawasan akan pentingnya gizi seimbang dan aman bagi keluarga,mendorong kreatifitas dalam menciptakan menu makanan beragam seimbang dan aman yang berbasis budaya lokal,memasyarakatkan dan membiasakan untuk mengkonsumsi keanekaragaman makanan sehingga mengurangi ketergantungan terhadap makanan pokok dalam hal ini beras dan terigu.

“Kami berharap melalui kegiatan ini masyarakat dapat mengetahui akan pentingnya makanan yang berkualitas,seimbang dan aman serta mendorong makanan yang beragam sehingga dapat memenuhi pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya.”ujarnya

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang,SH dalam arahanya mengatakan keberhasilan pembangunan di tentukan dengan ketersediaan pangan yang berkualitas.Di tengah pandemi sedang serius dalam menangani ketahanan pangan,untuk itu dilaksanakan kegiatan hari ini yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk percepatan keanekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal.

Pemerintah Kabupaten Lahat sangat mendukung program Dinas Ketahanan Pangan melalui tiga aspek yaitu aspek ketersediaan,distribusi dan konsumsi.Dengan demikian ketersediaan pangan dapat tersedia dan terjangkau oleh masyarakat yang secara umum yaitu untuk mengkonsumsi nasi ataupun beras.Untuk itu melalui kegiatan ini di maksudkan memberikan pengetahuan kepada masyarakat agar mengurangi ketergantungan terhadap makanan dari nasi.

“Kami berharap agar dinas terkait dan masyarakat untuk mengembangkan potensi pangan yang bergizi,seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal sehingga keanekaragaman pangan yang bergizi,seimbang dan aman yang berbasis sumber daya lokal terus meningkat di Kabupaten Lahat,” harapnya. (*) Rochmi