300 Calon Jemaah Haji Sumsel Jalani Rapid Tes dan Kebugaran Rockport

208 views


Petugas Kesehatan melakukan tes kebugaran Rockport kepada jemaah haji dengan berjalan sejauh 1,6 KM di halaman gedung DPRD Provinsi Sumsel.

PALEMBANG (KP) – Sekitar 300 Calon Jemaah Haji Sumsel, kembali menjalani Rapid Tes dan pengukuran kebugaran, serta sosialisasi Haji Sehat di lapangan kantor DPRD Provinsi Sumsel, Sabtu (21/11/2020).  Peserta dijui berjalan kaki sejauh 1,6 km.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon jamaah agar tetap bugar sekaligus kontrol kesehatan serta memberikan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan selama proses haji.

Kepala Dinas Kesehatan Provinisi Sumsel, diwakili Kasi Yankes Rujukan, H. Ifan Fahriansyah, SKM, M.Kes menyampaikan bahwa perjalanan haji merupakan perjalanan yang sangat lengkap yaitu ibadah hati dan ibadah fisik. Untuk itu perbekalan berangkat dan kesiapan fisik di masa pandemi diperlukan sehingga layak berangkat.
Tampak hadir dalam kegiatan ini Kepala Sub Program Pusat Kesehatan Haji Kemeterian Kesehatan RI, dr. H. Melzan Dharmayuli, MHM.

Dalam arahannya Ifan meminta agr semua peserta mengikuti instruksi petugas kesehatan haji dan jaga 3M, yaitu selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Pada kesempatan sama Kepala Sub Program Pusat Kesehatan Haji Kemeterian Kesehatan RI, dr. H. Melzan Dharmayuli, MHM, juga berpesan kepada jemaah agar tetap ikuti arahan petugas kesehatan.

Melzan mengatakan saat pelaksanaan haji, semua jemaah akan mendapatkan vaksin meningitis. Kebijakan ini sangat erat dengan proses pendataan verifikasi visa di arab saudi karena sudah terkomputerisasi.

”Jadi bila ada yang belum vaksin maka segeralah divaksin tahun ini,” tegas Melzan saat memberikan arahan sekaligus memperkenalkan tim kesehatan haji se sumsel kepada jemaah.

Acara ditutup dengan memberikan paparan seputar sosialisasi kesehatan haji kepada jamaah oleh salah satu pemegang program kesehatan haji, yakni H. Fauzuddin, SKM, M.Si serta dr. Widya Anggraini, MARS yang mewakili Kabid Pelayanan Kesehatan. (dm)

Penulis : Dahri Maulana

Bagikan :

Posting Terkait