LAHAT | Populinews.com — Kabupaten Lahat mendapatkan penghargaan sebagai pembina program kampung iklim Sumatera Selatan tahun 2020. Pengharagaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Sabtu (28/11/2020) di Kabupaten OKU Timur.

Penyerahan pengharagaan ini berkaitan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan hari Penanaman Pohon Indonesia tahun 2020, yang diselenggarakan di Martapura.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat Ir. Agus Salman melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat Rosivelt Herwin,SE.MM mengatakan rasa bangganya atas penghargaan yang di peroleh Kabupaten Lahat di bidang lingkungan ini.

Di sampaikanya juga bahwa di Kabupaten Lahat sendiri sudah memulai perbaikan lingkungan yang di mulai dari daerah hulu terlebih dahulu.Sementara untuk saat ini desa Singapura Kecamatan Kota Agung telah melaksanakan beberapa program perbaikan lingkungan.

Salah satunya melaksanakan penanaman kembali pohon-pohon di hulu sungai indikat dan bekerjasama dengan pihak PT.Green sehingga pada akhirnya mendapatkan penghargaan Proklim (Perkampungan Iklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Beberapa desa di Kabupaten Lahat yang telah mendapatkan penghargaan tersebut seperti Kelurahan Sari Bungamas, desa Lubuk Selo, desa Ulak Pandan dan desa Singapura diharapkan untuk ke depan desa tersebut harus dapat membina 10 desa yang ada di Kabupaten Lahat.

Tidak hanya itu Dinas Lingkungan Hidup yang bekerjasama dengan pemerintah,pelajar,pencinta alam dan pihak terkait lainnya untuk program penanaman pohon di bantaran sungai yang ada di Kabupaten Lahat.

“Untuk masyarakat Kabupaten Lahat agar lebih mencintai lingkungan dengan tindakan-tindakan nyata seperti penanaman pohon kembali,tidak membuang sampah di sungai serta menjaga sumber air yang telah ada untuk di wariskan kepada anak cucu kita nanti yang menjadi tanggung jawab kita semua,” ujarnya. (*) Rochmi