Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Aiwa Marlina, SKM. MM

LAHAT | Populinews.com — Meski termasuk daerah endemi penyakit menular khusunya demam berdarah, pada musim pancaroba dan masa pandemi covid-19 saat ini, penularan penyakit tersebut memperlihatkan trend penurunan tahun ini dibanding tahun lalu.

Plh.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufiq Maryansa Putra, SKM. MM melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Aiwa Marlina, SKM. MM, mengungkapkan hal itu kepada awak media di rungan kerjanya, Senin (14/12).

Ia mengatakan trend penurunan penyakit deman berdarah ini di lihat dari jumlah cakupan pengunjung di 33 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lahat.

Dilanjutkanya Kabupaten Lahat yang termasuk dari Kabupaten endemis nyamuk dari 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, oleh karena itu di harapkan masyarakat agar tetap terus menjaga kesehatan di mulai dari lingkungannya dan peningkatan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

“Untuk masyarakat di himbau agar mencegah penyakit demam berdarah dengan 3 M plus yaitu menguras bak penampung air,menutup genangan air dan mengubur sampah serta meningkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat.”tuturnya

Sementara untuk penyakit menular lainya seperti HIV di katanya di Kabupaten mengalami peningkatan satu pasien berdasarkan hasil pemeriksaan di Puskesmas yang ada di Kabupaten Lahat.Dalam hal penyakit ini berharap agar keluarga ataupun lingkungan di sekitar pasien HIV tidak mengucilkannya.

“Untuk menghindari penyakit menular yang satu ini di harapkan agar menjaga pola hidupnya karena penularannya bisa melalui transfusi darah ataupun berganti-ganti pasangan.”tuturnya

Di tambahkanya untuk penyakit lymphatic filariasis atau kaki gajah di Kabupaten Lahat saat ini untuk pencegahannya dengan meminum obat selama 5 tahun berturut-turut yang dimulai dari umur 2 tahun.Dan saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat monitoring evaluasi mengenai penyakit ini.

“Untuk masyarakat agar benar-benar meminum obat lymphatic filariasis ini karena selain menghindari penyakit kaki gajah akan tetapi dapat juga membunuh cacing-cacing yang ada di dalam tubuh,” tutupnya. (*) Rohmi