Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi SIP

PALEMBANG | Populinews.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Dikabarkan bakal menggandeng sedikitnya 26 perusahaan baik BUMN, BUMD dan swasta, guna mengatasi berlarut-larutnya masalah pengangguran akibat pandemi covid-19 yang belum juga berakhir.

Wakil Bupati Beni Hernedi SIP mengungkapkan hal itu, dalam Rapat Pembahasan Pra MoU antara Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan Pihak Perusahaan dalam Wilayah Kabupaten Musi Banyuasin di Bidang Ketenagakerjaan, di Mess Perwakilan Musi Banyuasin Palembang, Jumat (18/12/2020).

Dampak merosotnya ekonomi masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat wabah covid-19 ini, menurut Beni, jangan sampai berlarut-larut. Karena itu, Pemkab Muba berupa memaksimalkan peran berbagai sektor usaha, baik BUMN, BUMD dan Swasta, untuk ikut serta memulihkan perekonomian daerah.

“Dalam waktu dekat Pemkab Muba akan segera melakukan MoU terkait hal tersebut, prinsipnya kita akan sepenuhnya meningkatkan mutu dan kualitas SDM tenaga kerja di Muba,” ungkapnya.

Beni merinci, akan ada 26 perusahaan yang nantinya akan turut bekerjasama dalam peningkatan bidang ketenagakerjaan di wilayah Muba.

“Diantaranya Perusahaan BUMN PT PLN, Perusahaan BUMD Bank Sumsel Babel, serta Perusahaan swasta. Dengan rincian 18 perusahaan perkebunan, 2 perusahaan batubara, 2 perusahaan industri pengolahan, 2 perusahaan kelistrikan dan 1 perusahaan perdagangan serta 1 perbankan di wilayah Muba,” bebernya.

Selain itu juga Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mengimbau perusahaan-perusahaan untuk pembentukan unit layanan disabilitas. “Para penyandang disabilitas juga menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin”, tambahnya

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Muba Mursalin SE MM menjelaskan adapun kerjasama nantinya yakni menyangkut Rekrutmen, Pelatihan sertifikasi, Pelatihan UMKM. “Kemudian, Pembinaan Tenaga Kerja, Jaminan Sosial Ketenakerjaan, dan Pemberdayaan Disabilitas,” urainya.

Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Muba, Dedek Abdul Halim menyatakan siap akan bekerjasama dengan Pemkab Muba dalam upaya memaksimalkan kualitas dan serapan tenaga kerja lokal di wilayah Muba dan juga untuk pembentukan unit layanan disabilitas.

“Kami sangat siap, dan sangat mendukung inisiasi Pemkab Muba dibawah kepemimpinan Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi SIP,” tandasnya.

Rapat turut dihadiri Kabag Kerjasama Setda Muba Dicky Meiriando SSTP MH, Kepala Bappeda Muba diwakili Kabid Perekonomian dan Pembangunan Agus Arisman dan Para Pimpinan Perusahaan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. (dm)

Penulis : Dahri Maulana