Populinews.com, Tanjungpinang
Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang menyatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda Pulau Bintan saat ini masih dalam kategori sedang.

Hal ini dikatakan langsung Prakirawan BMKG Raja Haji Fisabilillah, Robbi, melihat hasil pengamatan dari beberapa  satelit yang ada.

“Tingkat kepercayaan dari pengamatan satelit TERRA, AQUA, SNPP dan NOAA20  itu kategore sedang,” katanya kepada media ini.

Robbi tidak mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Hanya saja, sesuai pengamatannya, faktor pemicu itu datang dari kondisi cuaca di wilayah pulau Bintan yang saat ini tidak turun hujan dan angin kencang.

Bicara soal tingakatan kabut dan bahaya yang akan ditimbulkan, Robbi juga tidak bisa menjelaskannya lantaran saat ini BMKG Raja Haji Fisabilillah tidak memiliki alat untuk itu.

“Kalau untuk bicara ini (tingkatan kabut asap) kita belum ada alatnya di Tanjungpinang yang biasa digunakan untuk mngukur kualitas udara di suatu wilayah. Jadi tingkatannya mohon maaf kita gak bisa ngasih penjelasan. Tetapi hotspot atau titik panas memang terpantau,” jelas Robbi.

Penulis : A/S