BAGANSINEMBAH | Populinews.com — Masyarakat Kepenghuluan Bagan Sapta Permai, Kecamatan Bagansinembah, Kabupaten Rohil, Provinsi Riau mengancam akan menutup akses jalan di wilayah mereka, guna menghidari kerusakan lebih parah akibat dilalui armada berat milik empat perusahaan raksasa perkebunan dan PKS.

Pada pertemuan yang digelar di aula pertemuan kepenghuluan Bagan Sapta Permai, Senin (05/04), yang dihadiri Unsur Forkopincam Bagansinembah masyarakat , pengurus KUD Anugerah dan perwakilan dari 4 perusahaan menuai kritikan dari tokoh / masyarakat setempat.

Lantaran sudah berulang kali pertemuan digelar, namun ke 4 perusahaan, (PT. CAS, PT. KAN/Genk, PT. DMDR dan PT. ASR), namun tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan masyarakat.

Akibatnya, kondisi jalan yang dilintasi armada perusahaan tersebut menjadi rusak parah dan sulit dilalui kendaraan kecil milik masyarakat setempat.

Dalam pertemuan tersebut, masyarakat mengecam pihak perusahaan, lantaran tak mau memperbaiki jalan yang dilalui, ditambah lagi armada milik perusahaan yang melintas tergolong over tonase.

Edi Ketua KUD Anugerah mengecam atas perlakuan pihak perusahaan yang tidak perduli dengan kondisi jalan.

Menurut Edi pihaknya (KUD) Anugerah sanggup memperbaiki jalan yang rusak, asalkan armada ke empat perusahaan perkebunan dan PKS tersebut tidak melintas lagi di jalan tersebut.

”Satu minggu saya sanggup memperbaiki jalan, terutama lokasi pendakian tersebut, namun jangan ada armada perusahaan yang melintas lagi,” Pungkas Edi.

Dalam pertemuan tersebut, Camat Bagansinembah Sakinah memberi waktu tiga hari kepada perusahaan agar mau memperbaiki jalan, terutama di lokasi jalan yang mendaki.

Namun bilamana dalam waktu tiga hari tidak juga ada keputusan dari ke empat perusahaan tersebut, maka Camat Bagansinembah akan mendukung masyarakat bila melakukan penutupan akses jalan bagi armada milik perusahaan.

Datok Penghulu Bagan Sapta Permai, Sutejo dalam pertemuan tersebut mengatakan, dirinya selaku Penghulu sangat mendukung apa yang diinginkan masyarakatnya, dan meminta pihak perusahaan dan PKS segera melakukan perbaikan jalan, sebab kondisi jalan yang ada saat ini sangat menghawatirkan.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Camat Bagansinembah, Kanit Lantas Polsek Bagansinembah, AKP.Syafyandra,SH, Kanit Intelkam Polsek Bagansinembah, Babinsa Koramil 03/Bgs, Ketua KUD Anugerah, tokoh masyarakat, Bpkep Kepenghuluan Bagan Sapta Permai, Datok Penghulu, dan perwakilan dari ke empat perusahaan.

Sementara itu, Kapolsek Bagansinembah, Kompol Indra Lukman Prabowo, SH. SIK melalui Kanit Intelkam mengatakan, kalau ke empat perusahaan tersebut harus bersatu, bahu membahu dalam memperbaiki jalan, dan mudah-mudahan persoalan ini dapat teratasi.

Sementara itu salah satu perwakilan dari perusahaan yang hadir, dalam pertemuan tersebut mengatakan kalau selama ini pihaknya telah melakukan perbaikan jalan, hanya saja perbaikan jalan yang dilakukan pihaknya perusahaannya tidak dipublikasikan. (Suriadi)