BANYUASIN | Populinews.com – Menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H, warga Komplek Perumahan Griya Handayani, Sukajadi, Banyuasin, Minggu (11/4/2022) pagi, melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan Mesjid Al-Mukhlisin, yang selama ini digunakan untuk berbagai kegiatan ibadah.

Gotong royong dikoordinir langsung Ketua Mesjid Al Mukhlisin Radinal Ahmad dan Marbot, Arifin. Bersih bersih lingkungan mesjid dilakukan di luar dan di dalam area mesjid. Seperti merapikan altar halaman samping kiri, kanan dan belakang mesjid, membersihkan parit, memotong rumput dan merapikan pohon pelindung, membersihkan kipas angin serta membersihkan karpet dan tempat wudhu.

Di bagian luar mesjid tampak warga kompleks Handayani, sejak pagi berdatangan mengambil peran masing masing. Semua saling bahu membahu membuang sampah sampah dan potongan rumput, agar mesjid Al Mukhlisin yang dibangun sejak tahun 1996 ini terlihat lebih rapi dan bersih.

Sementara beberapa warga yang berhalangan karena tugas dan keperluan di tempat lain, juga membantu memberikan sumbangan makanan dan minuman untuk warga yang bergotong royong.

“Bersih bersih mesjid ini selalu dilaksanakan secara berkala, apalagi saat menjelang Ramadhan. Selain bertujuan menciptakan suasana tempat beribadah yang nyaman dan bersih, juga untuk mempererat rasa kebersamaan seluruh warga komplek Handayani terhadap keberadaan mesjid ini,” ujar Radinal.

Sementara itu, Marbot Mesjid, Arifin, mengatakan pada Ramadhan tahun ini, jumlah jemaah yang akan melaksanakan shalat tarawih dan shalat Ied, diperkirakan akan lebih banyak dari tahun tahun sebelumnya, seiring bertambahnya jumlah warga baru yang menetap di komplek perumahan ini.

Untuk itu, semua fasilitas yang ada di mesjid, seperti kipas angin serta suond system, dipastikan tidak bermasalah demi kelancaran dan kekhusukan beribadah.

Mengenai anjuran pemerintah, agat tempat beribadah tetap memperhatikan protokol kesehatan sepanjang Ramadhan, Arifin juga mengatakan, di Mesjid Handayani pun tetap mematuhi imbauan tersebut. Salah satunya tidak membentang karpet sepenuhnya di dalam mesjid, menyiapkan hand sanitizer, dan menjaga jarak saat beribadah agar tidak terlalu berdempet.

“Warga yang hendak beribadah juga diimbau untuk membawa sajadah sendiri masing masing,” ujarnya. (dm)