Nelayan Natuna Resah, KIA di Laut Natuna Utara Makin Berani

128 views

Joko Suprianto (42th) Neayan Sedanau

koo4dinat posisi rumpon saat ditemukan

Populi News Natuna- Nelayan Tradsional Natuna mengeluhkan kondisi keamanan Laut Natuna Utara, Nelayan lokal sering berte,mu Kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam, bahkan Vidio Viral terbaru, Nelayan Natuana temukan rumpon Bebenbda \Vietnam,di Laut Natuna Utara, , bndera yang dipasang diatas rumpon itu hanya beberapa Mill dari Pulau Bunguran. Besar


Vidio yang kembali viral diawal Bulan Juni 2021 ini \sempat menjadi perhatian media nasional , Vidio sebelumnya ini diambil ;eh nelayan sal Sedanau Joko Suprianto (42), pada Minggu (1/11/2020) lalu,, dan belakngan baru heboh kemab;i di Natuna setelah di posting pegiat ,media sosial Natuna Abib Juong Adi gioup Medsos warga Natuna “Berita Natuna”

Kepada media ini Joko mengaku, rumpon dengan bendera Vietnam itu dipasang di perairan yang berjarak sekitar 50 mil dari garis pantai Pulau Semiun. Saat mendekati rumpon itu, di kejauhan, ia melihat sejumlah kapal asing mondar-mandir di Laut Natuna Utara.

melihat rumpon ini Joko Suprianto,cepat mengambil handphone dan merekam Kondisi rumpon berbendera Vietnam yang terapung di perairan Natuna

Dalam ungagahn vidio joko juga mengarahkan kamera android ke layar radar di pompong ukuran dua GT yang dia bawa. Dia berhasil mencatat titik koordinat rumpodiJoko 5.02010 LU, Laut Natuna Utara, Natuna, Kepulauan Riau.

“Kami nelayan memang sepakat membawa handphone android, kalau ada hal yang mencurigakan (seperti ini) difoto dan divideokan,” katanya, awal November 20020 lalu.

Joko yang menemukan sebuah rumpon berbendera Vietnam di Laut Natuna bagian Utara. Ketika itu dia sedang dalam perjalanan menuju lokasi memancing. “Tidak sengaja, saya jumpa rumpon berbendera, kalau rumpon nelayan Indonesia pasti tidak ada bendera,” katanya.

Viralnya vidio ini seolah mengambarkan kondisi keamanan Laut Natua Utara

Ketua Nelayan “Lubuk Lumbang” Natuna, Herman kepada media iin ini menjelaskan bahwa

kondisinya bukan hanya rumpon milikkapalasing, tetapi puluhan kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam dan Thailand juga makin berani menjarah hasil laut pulau terluar Indonesia tersebut. bahkan KIA ini mengusir Nelayan Natuna

” Nelayan Natuna merasa Seolah-olah dibiarkan saja aktifitas KIA ini. Hampir tiap hari ada terus KIA di laut Natuna,” kata Herman dikutip dari ANTARA, Minggu (6/6/2021).

wabup natuna Rodial huda


Dia menjelaskan, kapal nelayan asing tersebut sudah hampir mengelilingi laut Natuna. Rata-rata berada di sebelah Timur dan Utara Pulau Natuna.

“Intinya masih masuk wilayah tangkap kita,” ujarnya.

Wakil Bupati Natuna Rodial Huda Kepad Populinews menyatakan bahwa secapatnya dorimya akan menemui perwakilan nelayan Natuna dan mendengarkan keluhan mereka

” Terimaksih atas informasinya, Insyaalah kita akan sediakan waktu agar perwakilan Nelayan Natuna bisa ketemu dan menyampaikan kondisi di lapangan, nanti ita akan bantu koordinasikan dengan aparat terkait, baik AL maupun Bakamla , maklumlah .. kasusu serupa di .wilayah :aut Natuna Utara ini sebneranya sudah lama, Kewenangannya berada di pemerintah propins Kepri dan pemerintah pusat, kita didaerah ini hanya bersifat peyambung lidah dan koprdinasi saja, ” jelasnya menjawab Populinews. (red_)

Bagikan :

Posting Terkait