Penyerahan bantuan 30.000 vaksin dari BEI untuk tiga Kabuapten/Kota di Sumsel oleh Ketua Pembina Yayasan Pertiwi Indonesia Rika Thohir, kepada Bupati Kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar. (f/ist)

PALEMBANG | Populinews.com — Upaya percepatan vaksinasi di Sumatera Selatan, terus mendapat dukungan penyediaan vaksin dari berbagai pihak. Pada Senin (6/12/2021), giliran Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan Yayasan Pertiwi Indonesia dan OJK Subagsel, menyalurkan 30.000 vaksin Covid-19 untuk tiga daerah, yakni Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim dan Kota Lubuk Linggau, masing-masing 10.000 vaksin.

Bantuan vaksin tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi, kepada Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, disaksikan Wakil Bupati, Ardani, Forkopimda Kabupaten Ogan Ilir, Sekda serta Kepala Dinas Kesehatan masing-masing daerah penerima, di Komplek Perkatoran Caram Seguguk, Tanjung Senai Idralaya.

Turut hadir Direktur Bursa Efek Indonesia, Risa E Rustam, Dewan Pengawas Yayasan Pertiwi Indonesia, Suci Kuswardani dan Rika Thohir serta Kepala OJK Kantor Regional (7) Sumbagsel, Untung Nugroho, .

Inarno mengatakan bantuan ini diberikan berkaitan dengan HUT Ke 44 Pasar Modal Indonesia. Ia berharap percepatan vaksinasi juga bisa memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi.

“Ini sebagai bentuk dukungan kami kepada pemerintah agar segera terciptanya herd immunity,” katanya usai penyerahan bantuan tersebut.

Inarno juga menyebutkan berdasarkan data Kementerian Kesehatan, program vaksinasi untuk dosis pertama telah menyasar 67 persen dari total penduduk Indonesia, sementara untuk dosis kedua mencapai 46 persen. Sedangkan, di Sumsel telah menyasar 56 persen warganya untuk dosis pertama dan 31 persen untuk dosis kedua.

”Setelah Indonesia mencapai puncak kasus Covid-19 pada Juni lalu kini kasus sudah melandai. Kondisi membaik ini menjadi peluang semua pihak untuk memacu program vaksinasi, untuk mencegah adanya gelombang ketiga yang dikhawatirkan terjadi di momen Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya AKbar, menyambut gembira bantuan vaksin dari PT. Bursa Efek Indonesia dan Yayasan Pertiwi serta OJK Regional Sumbagsel ini.

”Semoga dengan ada nya bantuan 10.000 vaksin ini, kamin bisa mempercepat Herd Immunity di Kabupaten Ogan Ilir, Alhamdulillah Kabupaten Ogan Ilir sampai saat ini untuk Vaksinasi sudah mencapai 307.322 orang, atau kurang lebih 54,45% dari seluruh masyarakat Kabupaten Ogan Ilir,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Pertiwi Indonesia Suci Kuswardani mengatakan penyaluran vaksin di Sumsel ini merupakan kerja sama yayasan dengan BEI, yang mendapatkan mandat dari pemerintah untuk turut menangani Covid-19. “Ini menjadi kerja sama yang ketiga, sebelumnya kami membantu warga di Laboan Bajo, Nusa Tenggara Barat dan Kisaran, Sumatra Utara,” katanya.

Suci mengemukakan program kerja sama tersebut juga akan berlanjut ke daerah lain di Tanah Air, salah satunya Kabupaten Pesawaran, Lampung. Dia mengemukakan Yayasan Pertiwi Indonesia merupakan yayasan yang berfokus pada pembinaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pihaknya juga membantu sarana dan prasarana pendidikan anak, serta memiliki atensi terhadap pemerataan vaksin.

Melalui penyaluran vaksin ke kabupaten-kabupaten ini, yayasan berharap dapat berperan dalam mempercepat pemulihan ekonomi di Tanah Air. “Bukan hanya vaksin, kami juga menyalurkan alat-alat kesehatan. Kami mengapresiasi kepada semua pihak yang telah membantu,” ujarnya. (dm)

Penulis : Dahri Maulana