PALEMBANG | Populinews.com – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pihak terkait lainnya terus berupaya meningkatkan akses keuangan masyarakat.

Salah satunya yakni dengan meningkatkan peran Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) melalui berbagai program yang mempermudah akses keuangan masyarakat seperti KUR Ultra Mikro.

“Pemprov Sumsel terus bersinergi dengan berbagai pihak berkaitan dengan ultra mikro ini. Bahkan, beberapa daerah juga sudah memanfaatkan hal itu,” kata Sekda Sumsel S.A. Supriono ketika menggelar pertemuan dengan sejumlah pimpinan OJK di ruang tamu Sekda Sumsel, Senin (8/8/2022).

Namun, lanjutnya, keberadaan ultra mikro tersebut tentu harus disosialisasikan masyarakat sehingga dapat termanfaatkan. Tidak hanya itu, ultra mikro juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian, mengingat petani merupakan ujung tombak Sumsel sebagai daerah lumbung pangan.

Tidak hanya itu, lembaga keuangan juga harus memberikan kemudahan untuk masyarakat yang berada di wilayah yang memiliki akses sulit.

Pengembangan pertanian melalui pemanfaatan KUR maupun ultra mikro tersebut, sebagai langkah untuk memantik minat masyarakat dalam membudidayakan pangan.

Terlebih, Gubernur Sumsel H. Herman Deru sendiri telah mencanangkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) untuk menjaga ketahanan pangan di Sumsel. (hms)