Rumah Penuh Kenangan Sang Komjen Kini makin Cantik

Petuah ” Sipapaun yang telah minum air Natuna Tak Akan pernah lupa untuk Kembali ” nampaknya terbukti juga pada Jendral polisi penyandang bintang 3 di pundak ini.

Populinews, Natuna,- Siapa sangka, Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, yang menyempatkan waktu kunjungan kerja (kunker) ke kabupaten Natuna, Sabtu 05 November 2022. rupanya  emiliki kenangan khusus

Apa tidak dalam agenda kunkernya ke Natuna beliau berkesempatan meresmikan Rumah Dinas (Rumdin) Polsek Bunguran Timur, di jalan Soekarno-Hatta, kota Ranai.

Sejarahnya, jenderal berpangkat tiga bintang ini, pernah menempati rumdin tersebut saat menjabat Kapolsek Bunguran Timur sekitar 34 tahun silam. Ia membangun kembali rumah itu agar tak lekang termakan usia.

“Peristiwa istimewa hari ini mengungkit kembali kenangan lama ketika saya jadi kapolsek. Waktu itu masih dibawah Polres Kepri Timur,” sebut Agung.

Agung menceritakan, waktu itu ia masih berpangkat Inspektur Dua (Ipda). Kurang lebih satu tahun enam bulan menjabat Kapolsek Bungtim. Banyak suka duka dilalui selama bertugas di Natuna.

“dulu anggota Polsek cuma 9 orang, disebelahnya ada koramil anggotanya 5 orang. Kadang-kadang yang menurunkan bendera itu anggota Polsek, begitu juga sebaliknya”.

Ia berpesan kepada siapapun yang akan menempati rumdin tersebut, supaya menjaga dan merawatnya dengan baik sehingga tetap kokoh dalam waktu lama.

Selain itu, ia juga menghimbau kepada Polres Natuna agar memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Serta selalu bersinergi dengan Pemda dan FKPD untuk menjaga situasi Kamtibmas di perbatasan.

“kita harus terus bersinegri, apalagi di perbatasan, kalau tidak kompak kita akan mudah terpecah belah,” cetusnya.

Sementara itu, Bupati Natuna Wan Siswandi, mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kunjungan kerja Irwasum ke Natuna.

Menurutnya, Komjen Pol Agung Budi Maryoto merupakan sosok jenderal yang tidak melupakan sejarah. Hal ini ia buktikan dengan diresmikannya rumah dinas yang pernah ia tempati zaman dahulu.

“Tanahnya ini sudah kita bebaskan sekitar Rp 200 juta. Tapi kalau bangunannya dari pak Irwasum,” sebut Siswandi.

Sesuai dengan permohonan Kapolda Kepri, Pemda Natuna juga akan merealisasikan hibah lahan untuk markas Brimob. Akan tetapi bakal direalisasikan secara bertahap.

“Kita lagi proses hibah lahan untuk brimob sekitar 10 hektar. Tapi sekarang duitnya masih kurang, jadi kami bantu 5 hektar dulu”.

Peresmian Rumdin Kapolsek Bungtim ini juga dihadiri Kapolda Kepri, perwira tinggi mabes polri, Wakil Bupati dan Sekda Natuna, FKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pimpinan organisasi

Bupati Natuna Himbau Putra-Putri Natuna Manfaatkan Program Rekpro di Natuna tahun 2022

Bupati Natuna mengajak putra daerah  sekabupaten Natuna untuk dapat memanfaatkan kesempatan baik tes penerimaan Rekpro Polri tahun 2022 .

“ Ayo Putra Putri Natuna  Manfaatkan kesempatana danyq program Rekpro di Natuna, anak Natuna yang ingin mengikuti tes Polisi tidak perlu lagi ke luar daerah, cukup mengikuti test di Natuna ” kata Wan Siswandi.

Sebab jika tes dilakukan di luar Daerah Natuna, otomatis peserta yang ingin mendaftarkan diri sebagai anggota Kepolisian, harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya transportasi dan biaya lainnya.

Bupati Natuna, Wan Siswandi, menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri), terutama kepada Polda Kepri dan Polres Natuna, karena telah membuka kesempatan bagi putra daerah Natuna, untuk bisa menjadi anggota Kepolisian.

pernyataan ini disampaikan Wan Siswandi, saat mendampingi Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol. Agung Budi Maryoto, untuk meresmikan pemakaian Rumah Dinas Kapolsek Bunguran Timur, yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Sabtu (05/11/2022) siang.

Menurut Wan Siswandi, adanya penerimaan Rekrutmen Proaktif (Rekpro) Polri yang saat ini sedang berlangsung di Mapolres Natuna, menjadi kesempatan besar bagi putra-putri di daerah ujung utara NKRI itu, untuk menjadi seorang abdi negara di lembaga Polri.

“Kami sangat berterimakasih kepada Kapolres Natuna dan Kapolda Kepri, yang telah banyak mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. Salah satunya yang saat ini sedang berjalan, yaitu tes Kepolisian di Kabupaten Natuna,” ucap Wan Siswandi, didepan Irwasum Polri.

Dalam kesempatan itu,  Bupati natuna juga memberikan apresiasi kepada Polres Natuna dan Polda Kepri, atas kinerjanya dalam menciptakan situasi Keamanan dan Ketertiban ditengah Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif di Kabupaten Natuna.

Irwasum Polri, Komjen Pol. Agung Budi Maryoto

Sementara itu Irwasum Polri, Komjen Pol. Agung Budi Maryoto, juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, yang telah berhasil membangun sinergitas yang baik dengan Forkopimda, salah satunya dengan Institusi Polri.

“Terkait kebijakan perekrutan anggota Polisi perdaerah, adalah kesempatan yang diberikan kepada putra daerah untuk membangun daerahnya, sehingga kompetitif yang dibangun berdasarkan standar daerah tempat teman-teman berasal,” ucap Agung Budi Maryoto.

Jenderal Polisi Bintang Tiga itu, juga menegaskan agar seluruh anggota Kepolisian dapat menjadi sahabat masyarakat, yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan harus peka terhadap keluhan yang disampaikan oleh masyarakat kepada Polisi.

Turut menyaksikan peresmian pemakaian Rumah Dinas Kapolsek Bunguran Timur, Kapolda Kepri Irjen Pol. Aris Budiman, Kapolres Natuna, AKBP Iwan Ariyandhy, Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda, Sekda Natuna, Boy Wijanarko Varianto, Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemda Natuna. (red)