LAHAT | Populinews.com — Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lahat dan OPD menggelar rapat koordinasi guna membahas upaya penanggulangan bencana alam dan karhutla serta ketersediaan bahan pokok menjelang bulan suci ramadhan 1442 H di Kabupaten Lahat, Rabu (24/03/2021). Lahat.

Rakor berlangsung di Ops Room Pemkab dihadiri Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, para Asisten, Kepala Dinas dan Badan serta seluruh camat.

Dandim 0405 Lahat, Shawaf Alamien, SE, MSi dalam pertemuan ini menyampaikan data cuaca dan iklim 6 bulan kedepan. Berdasarkan informasi dihimpun kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada tahun 2020 lalu di kecamatan kota lahat.Lahat selatan. Kecamatan Gumai Talang, Merapi Area, kecamatan Pseksu dan Kikim Area.

”Kodim 0405 Lahat beserta perkuatannya melaksanakan pencegahan dan tindakan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Kami siap membantu BPBD Kabupaten lahat,” paparnya.

Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK, menyampaikan dengan adanya karhutla di Kabupaten lahat ini, ada perubahan cuaca ekosistemnya atau pergantian musim. Ada 27 Desa 14 Kecamatan di Kabupaten lahat yang tergolong rawan.

”Polres dan Polsek Lahat siap bekerja sama dengan penanggulangan bencana alam dan kami siap membantu masyarakat yang sedang mengalami musibah atau bencana alam di Kabupaten lahat ini, semoga kedepannya di Kabupaten Lahat tidak ada Musibah dan bencana alam dalam perubahan cuaca dan iklim saat ini,” harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lahat H. Haryanto mengucapkan syukur alhamdulillah untuk persiapan menyambut bulan Suci Ramadhan tahun ini bahan pokok di kabupaten lahat cukup dan tersedia stoknya. Terkait pelanggaran penanggulangan bencana alam dan kepada seluruh camat yang ada di wilayah kabupaten lahat agar dapat menghimbau masyarakat yang terkait dalam musibah bencana alam,” tegasnya. (Ninti)