Suasana rapat membahas persiapan kegiatan Ramadhan 1442 H, di Ops Room Pemkab Lahat, Kamis (08/04/2021).

LAHAT | Populinews.com — Pemerintah Kabupaten Lahat menggelar rapat koordinasi dengan MUI dan Kantor Kemenag Kabupaten Lahat, guna membahas persiapan berbagai kegiatan dalam bulan suci Ramadhan 1442 H / 2021 M, yang tinggal beberapa hari lagi.

Rapat berlangsung Kamis (08/04/202) di Ops Room Pemkab Lahat, dihadiri Pj. Sekda Kabupaten Lahat Drs. H. Deswan Irsyad, M.Pd.I., Seluruh Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kapala Kantor Kemenag, Ketua MUI, Ketua NU, Ketua Muhammadiyah dan beberapa tokoh agama lainnya.

Drs. KH. Zulkia Akoha selaku ketua MUI mengatakan Rapat ini diadakan guna untuk menjalankan ibadah puasa tahun ini bisa melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan. Tidak seperti tahun belakang yang sangat mencekam akibat Covid-19 yang melanda.

“Saya mengajak masyarakat Kabupaten Lahat untuk menjalankan salat tarawih bersama namun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai himbauan dari pemerintah pusat dan pemerintah Kabupaten Lahat, berfikir positif dan berharap kepada Allah SWT supaya kegiatan di bulan suci Ramadhan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Sementara sambutan ketua Kaka Menag Kabupaten Lahat mengatakan insyaallah 1 ramadhan jatuh pada Hari Selasa 13 April 2021

“Alhamdulillah pada bulan Puasa tahun ini diberi ruang untuk melakukan kegiatan salat tarawih kegiatan kegiatan ibadah lainnya dan buka puasa bersama untuk pihak perusahaan, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lahat, namun tetap menjalankan protokol kesehatan Sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Agama RI,” jelasnya.

PJ Sekda Kabupaten Lahat Drs. H. deswan Irsyad, M.Pd.I., Menyampaikan dalam pembahasan rapat pada hari ini dapat disimpulkan bahwa pada Ramadhan tahun ini dibolehkan menjalankan kegiatan salat Tarawih dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya namun tetap menjalankan aturan protokol kesehatan.

“Insya Allah pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Lahat akan menjalankan program Safari Ramadhan yang pada tahun kemarin tidak dijalankan, untuk menjalankan program safari ramadhan diwajibkan menggunakan masker dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya. (Ninti)