LAHAT | Populinews.com — Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meresmikan Agro Wisata Sindang Panjang, di desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat, Jum’at  (30/10).

Hadir dalam acara ini anggota DPRD Sumatera Selatan, Bupati Lahat Cik Ujang, SH, Sekda Lahat H. Januarsyah Hambali, SH.MM, Wali Kota Pagaralam, OPD Sumatera Selatan, OPD Kabupaten Lahat, Walikota Palembang Harnojoyo, Camat Tanjung Sakti Puki dan para Kades se-Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, tokoh masyarakat, agama dan adat, para pengunjung agro wisata Sindang panjang serta para tamu undangan yang sempat hadir.

H. Harnojoyo selaku wali kota Palbamg sekaligus pemilik agro wisata Sindang Panjang dalam kata sambutanya menyampaikan terima kasihnya kepada keluraga yang memotivasi sehingga terbangun agro wisata Sindang Panjang ini. Dan juga mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Gubernur ke tempat wisata ini.

Disampaikanya sebelum tempat ini dikembangkan menjadi agro wisata dahulunya daerah ini merupakan kampung Badas. Akan tetapi ide-ide muncul dari keluarga untuk mengembangkan tempat wisata yang dapat dinikmati keluarga dan masyarakat.

“Kami mengembangkan agro wisata ini ingin membagi kebahagiaan dengan masyarakat dan di masa pandemi covid-19 dengan liburan berwisata di alam akan dapat meningkatkan imunitas tubuh.”ujarnya

Bupati Lahat Cik Ujang,SH mengutarakan rasa terima kasihnya dan bersyukur kepada Gubernur Herman Deru atas perhatiannya ke Kabupaten Lahat.Kepada ahli rumah selamat dan terima kasih atas ide-ide serta inovasi sehingga dapat mengembangkan agro wisata sehingga dapat di jadikan aset pariwisata untuk Kabupaten Lahat.

“Untuk masyarakat di sekitar tempat wisata ini buatlah homestay ataupun usaha-usaha untuk mendukung percepatan perkembangan pariwisata agro wisata ini sehingga perekonomian masyarakatnya akan meningkat.”tuturnya

Sementara Gubernur Sumatra Selatan H.Herman Deru dalam arahanya mengatakan tentunya secara pribadi mengucapkan terima kasih atas ide dan inovasi walikota Palembang sebagai pemilik agro wisata Sindang Panjang ini dan hal ini juga di bantu dengan potensi alam yang ada sehingga dapat di ciptakan agro wisata seperti ini.

Hal ini di butuhkan pemikiran yang tidak sederhana yang harus di banggakan.Pada saat ini kita sedang memulihkan ekonomi pada masa pandemi sehingga dengan adanya agro wisata ini bisa di lihat dari banyak sektor informal yang menjadi hidup yang akan membantu pemulihan ekonomi khususnya di Kabupaten Lahat sebagai sumber ekonomi baru.

Untuk mempercepat perkembangan agro wisata ini pengunjung harus di buat lebih nyaman dengan tambahan-tambahan fasilitas untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.Hal ini dapat di contohkan seperti adanya suvenir khas dari masyarakat ataupun makanan dan penginapan-penginapan.Oleh karena itu di butuhkan kerjasama antara Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam.

“Kami berharap dengan adanya agro wisata ini berdampak pada pemulihan dan perbaikan ekonomi di Sumatera Selatan apalagi dengan tiket yang gratis akan mengundang masyarakat untuk datang ke destinasi wisata baru ini,” tutupnya. (*) Rohmi