LAWANG KIDUL | Populinews.com – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah (H), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menyalurkan sebanyak 95 ekor sapi hewan kurban untuk masyarakat yang membutuhkan di wilayah ring 1 Perusahaan.

Penyerahan hewan kurban secara simbolis diserahkan oleh Ketua Panitia Idul Adha 1442 Hijriyah Ichsan Aprideni selaku Senior Manajer Pengelolaan Aset dan Infrastruktur Sipil Penunjang PTBA kepada Camat Lawang Kidul Andrille Martin, Senin (19/7/2021) di Halaman Tempat Penyembelihan Hewan Kurban RT 9 Kelurahan Tanjung Enim.

Mewakili Manajemen PTBA, Ichsan menuturkan bahwa pemberian hewan kurban kepada masyarakat ring 1 merupakan bentuk kepedulian sosial dari Perusahaan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Berbagi hewan kurban ini bertujuan untuk berbagi satu sama lain dan saling mendukung serta menguatkan antara Pemerintah setempat, PTBA, masyarakat dan stakeholder terkait,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebanyak 95 ekor hewan kurban diberikan untuk masyarakat di wilayah ring I perusahaan terdiri dari 25 desa/kelurahan yang tersebar di Kabupaten Muara Enim di Kecamatan meliputi Muara Enim, Tanjung Enim, Lawang Kidul dan Tanjung Agung, serta Kabupaten Lahat di 2 Kecamatan yaitu Merapi Barat dan Merapi Timur.

“Semoga tidak mengurangi esensi dari bantuan ini, yakni ikhlas berkurban untuk bersama-sama meraih kemenangan dan memberi manfaat serta kebaikan kepada sesama, terutama yang terdampak pandemi, “ucap ichsan.

Terpisah, Manajer Humas Komunikasi dan ADM Korporat Iko Gusman mengatakan pemberian bantuan hewan kurban ini merupakan bentuk perhatian perusahaan kepada masyarakat sekitar serta perwujudan dari komitmen perusahaan hormonis bersama lingkungan. Ia mengatakan, terlebih di tengah situasi wabah Covid -19 yang saat ini masih belum menentu, dan dampaknya pada menurunnya daya beli masyarakat, PTBA berupaya hadir di tengah masa yang sulit.

“Wabah Covid 19 ini janganlah kita jadikan penghalang untuk kita tetap memberikan yang terbaik. Pandemi ini adalah salah satu ujian dari Allah SWT agar kita senantiasa bersabar dan tabah, sebagaiman sabarnya Nabi Ibrahim dalam menerima ujian dari Sang Pencipta,” ungkapnya. “Bantuan ini adalah salah satu ungkapan bahwa kami berusaha untuk selalu ada bersama masyarakat di tengah wabah saat ini.”

Sementara itu, Camat Lawang Kidul mewakili Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PTBA karena telah memberikan hewan kurban meski saat pandemi Covid-19 seraya mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh dengan protokol kesehatan.

“Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul mengucapkan banyak terima kasih kepada manajemen PT Bukit Asam atas hewan kurban yang diserahkan kepada kami. Semoga ini bermanfaat untuk kami di hari Raya Idul Adha. Walaupun pandemi Covid-19, PTBA tetap berbagi dan memberikan semangat kepada kami semua. Dan tetap mengutamakan protokol kesehatan dan berikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Andrille.

Pada kesempatan yang sama Ketua RT 13 Kelurahan Tanjung Enim, Agus Ivanzi mewakili warga mengucapkan terima kasih atas bantuan hewan kurban dari PTBA dan berharap kedepan hubungan yang baik antara warga dengan Perusahaan tetap terjaga dan tercapai semua apa yang ditargetkan PTBA. (Ninti)