BANYUASIN | Populinews.com – Warga komplek perumahan Handayani, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, Minggu (30/1/2022), kembali melakukan gotong-royong. Kali ini fokus merapikan bahu jalan Pangkalan Benteng, sepanjang kurang lebih 2 kilometer pasca pembangunan pelebaran, yang berpotensi membahayakan pengendara baik roda dua maupun roda empat.

Kegiatan Goro ini mengambil titik mulai dari kawasan PS hingga pertigaan, berlangsung sejak pukul 07:00 WIB pagi, dikomandoi langsung oleh Ketua RW-15 Kelurahan Sukajadi, M Jamil S.Sos beserta beberapa Ketua RT serta perangkatnya.

Sebagaimana diketahui, pengerjaan pelebaran ruas jalan Pangkalan Benteng, dilakukan sejak awal November 2021 lalu oleh Dinas PUPR Banyuasin. Penambahan dilakukan dengan menambah bahu jalan bagian kiri dan kanan spanjang setengah meter dengan cor beton. Sehingg Lebar jalan yang tadinya hanya 4 meter, kini menjadi 5 meter.

Pengerjaan jalan ini dinyatakan selesai pada akhir Desember 2021, setelah dilakukan pengaspalan hotmik mulai dari simpang tiga, Mesjid Al Muhajirin, hingga ke kawasan perumahan Sejahtara Pangkalan Benteng, sepanjang kurang lebih 4 kilometer.

Hanya saja ketika jalan ini selesai dibangun, bekas galian tanah bagian kiri dan kanan bahu jalan tidak ditimbunkan kembali oleh pihak kontraktor, sehingga badan jalan menjadi lebih tinggi dari tanah berpotensi membahayakan pengendara baik roda dua maupun roda empat.

Sudah banyak warga pengendara motor yang jatuh terjeblos ke dalam bekas galian cor bahu jalan tersebut, karena mengira jalan yang diaspal sudah rata dengan tanah. Bahkan, beberapa mobil pribadi pun sering kejeblos di bekas galian bahu jalan itu, karena memang posisinya lebih rendah, sementara tanah bekas galian dibiarkan menumpuk dan tidak dikembalikan.

”Karena pengerjaan jalan ini sudah selesai dan diserah-terimakan kepada Pemkab Banyuasin, maka kontraktornya pun sudah tak lagi memikirkan soal tanah galian bahu jalan yang belum dikembalikan ini. Jadi, ya kita-kita inilah yang berinisiatif bergotong royong menimbun kembali bekas galian bahu jalan ini, agar masyarakat yang melintas terhindar dari kecelakaan,” ujar salah seorang warga Handayani, kepada Populinews.com.

Goro ini berlangsung hingga pukul 09:30 WIB, dan kini sebagian bahu jalan yang tadinya lebih rendah dari badan jalan, kini sudah diratakan. Memang masih ada beberapa titik yang belum sempat dikerjakan. Seharusnya ini menjadi tanggungjawab kontraktor pelaksana proyek. Tapi warga komplek perumahan Handayani yang berdekatan dan ruas jalan, akhirnya mengambil inisiatif turun tangan. (dm)

Penulis : Dahri Maulana