LAHAT | Populinews.com — Bupati Lahat, Cik Ujang SH, meresmikan Pasar Tradisional Tebing Abang dan sekalgisu membagikan BLT-DD Tahap III secara simbolis, di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, Senin (13/07/2020).

Turut hadi dalam acara Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto, SE. MM, Dandim 0405, Kapolres Lahat, Pimpinan Bank Sumse Babel, para OPD yang sempat hadir, Camat Lahat Selatan, serta anggota BPD se-Kecamatan Lahat Selatan.

Kepala Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, Sapri dalam laporannya menyampaikan bahwa selama menjabat sebagai kepala desa Tanjung Payang sudah ada 5 program yang dijalankan.

Adapun tujuan membangun Pasar Tradisional Tebing Abang ini untuk meningkatkan perekonomian warga Desa Tanjung Payang.Untuk warga Desa setempat lapak harian tidak di pungut biaya dan jumlah lapak yang di sediakan berjumlah 500 lapak.

“Kami pemerintah desa Tanjung Payang siap membantu program pemerintah Kabupaten Lahat untuk mewujudkan Kabupaten ini menjadi Kabupaten Lahat semakin ber-Cahaya.”ujarnya

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang, SH dalam arahannya mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi berdirinya pasar tebing Abang ini. ”Mudah-mudahan dengan adanya pasar akan meningkatkan perekonomian masyarakatnya,” ujarnya.

Di samping itu sesuai dengan letaknya yang strategis dan paling dekat dengan kota Lahat akan menjadi tulang punggung dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lahat dengan mewujudkan perekonomian secara korporatif.

“Kami berharap dengan berdirinya pasar tebing Abang melalui program Bumdes di desa Tanjung Payang ini akan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain dalam berinovasi oleh karena itu perlu upaya hingga berjalan secara mandiri,proporsional dan efektif.”tutupnya.

Camat Lahat Selatan Budi Utama menambahkan dengan adanya pasar tradisional tebing Abang yang di kelola oleh Bumdes Tanjung Payang ini akan membantu menggerakkan roda perekonomian di Kecamatan Lahat Selatan.Bumdes sendiri di gerakan dengan adanya segmentasi,prioritas dan keunggulan desa yang ada.

Dengan adanya pasar ini juga ada 12 perumahan yang ada di wilayah sekitar desa ini sehingga tentunya akses ke pasar akan lebih dekat serta roda perekonomian masyarakat akan meningkat.

“Kami berharap Bumdes yang ada di setiap desa di wilayah Kecamatan Lahat Selatan ini akan di kelola secara baik dan profesional oleh masing-masing pengelola Bumdes sehingga memiliki hasil guna dan daya guna bagi masyarakat yang akhirnya akan menambah income bagi desa tersebut,” tutupnya. (*) Rochmi