LAHAT | Populinews.com — Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perikanan Kabupaten Lahat memberikan bantuan benih ikan kepada Kelompok Pembudaya Ikan (Pokdakan), Jum’at(28/08) di halaman kantor Pemda Lahat.

Adapun benih ikan yang diberikan diantaranya, ikan mas sebanyak 160.000 ekor, Ikan patin 30.000 ekor dan ikan nila 20.000 dengan pakan ikan sebanyak 6,5 Ton.

Sementara itu, kelompok tani yang menerima diantaranya Pokdakan Kecamatan Lahat sebanyak 3 Pokdakan, Kecamatan Merapi Barat 1 Pokdakan, Kecamatan Kota Agung 7 Pokdakan, Kecamatan Mulak Ulu 2 Pokdakan, Kecamatan Pagar Gunung 2 Pokdakan, Kecamatan Jarai 2 Pokdakan, Kecamatan Pajar Bulan 1 Pokdakan, Kecamatan Sukamerindu 1 Pokdakan dan Kecamatan Muara Payang 1 Pokdakan.

Kepala Dinas Perikanan Lahat Deswan Irsyad dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pihaknya menyebarkan bantuan ini kepada kelompok pembudidaya ikan yang benar dan sudah mempunyai badan hukum sehingga mendapatkan bantuan langsung dari kementerian melalui BBAT Jambi.

Di sampaikan juga rasa terima kasih kepada pihak BBAT yang langsung datang ke Lahat untuk memberikan bantuan ikan ini kepada Kopdakan di Kabupaten Lahat.

Sementara Wakil Bupati Lahat H.Haryanto,SE,MM.MBA dalam arahanya mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melalui BBAT yang telah bersedia membantu dan memberikan langsung bantuan ikan ini kepada Kopdakan di Kabupaten Lahat.

Hal ini merupakan salah satu langkah perbaikan ekonomi di Kabupaten Lahat di sektor peternakan ikan.

“Untuk para Pokdakan yang mendapat bantuan ini agar memelihara benih ikan ini sebaik mungkin dan budidayakanlah sehingga kedepan bisa menjadi pemasukan bagi para Kopdakan kalian, sehingga juga ekonomi kita berjalan.”tutupnya

Maruli,S.STP selaku Kepala Bidang pengelolaan bidang perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Lahat menambahkan bantuan ini berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui BBAT Jambi.Di harapkan dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan produksi ikan untuk memenuhi kebutuhan ikan di Kabupaten Lahat yang sangat tinggi.

“Kami harap bantuan ini dapat di manfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga akan dapat memenuhi kebutuhan ikan di Kabupaten Lahat dan meningkatkan perekonomian masyarakatnya,” tuturnya. (*) Rochmi