LAHAT | Populinews.com — Apel Gelar Pasukan dalam rangka antisipasi penanggulangan bencana alam di Kabupaten Lahat, Senin(09/11) di lapangan eks MTQ Kabupaten Lahat.

Bertindak sebagai pembina apel Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto dan di ikuti oleh Kepala BPBD Kabupaten Lahat,Kapolres Lahat,Dandim 0405 atau yang mewakili,para OPD Kabupaten Lahat serta para peserta apel yang terdiri dari TNI/Polri, Pol PP,Damkar Kabupaten Lahat.

Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto,SE.MM dalam amanatnya menyampaikan bahwa perintah Kabupaten Lahat melalui BPBD Kabupaten Lahat untuk menanggulangi bencana di Kabupaten Lahat mengoptimalkan seluruh potensi yang ada dalam meghadapi kemungkinan yang terjadi.

Penanggulangan bencana alam dan pengurangan resiko bencana merupakan tanggung jawab dari semua pihak.Oleh karena itu kerjasama antara lembaga pemerintah dan non pemerintah merupakan hal yang penting dalam upaya pengurangan resiko korban bencana.

“Saya berharap dengan melalui apel ini dapat menggungah dan mengingatkan lembaga pemerintah agar dapat berpartisipasi sesuai dengan peran dan fungsinya guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat di daerah yang terkena bencana dan juga agar dapat mengeeti,memahami dan melakukan tindakan cepat dan tepat saat terjadi bencana.”tegasnya

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lahat Drs.H. Ali Afandi.M.Pd.I dalam hal ini mengemukakan bahwa Kabupaten Lahat melalui BPBD akan memdirikan posko-posko bencana dari tingkat Kabupaten sampai dengan Kecamatan-kecamatan dan desa yang rawan bencana di Kabupaten Lahat.

“Untuk tim personil sendiri berasal dari TRC dari BPBD dan Tagana dari Dinas sosial yang siap membantu 24 jam dalam kesiap siagaanya dalam penanganan bencana yang ada di Kabupaten Lahat,” ujarnya. (*) Rochmi