Populinews Natuna- Rapat kerja perdana dengan DPRD Natuna. Bupati Natuna Wan Siswandi sampaikan tiga prioritas pembangunan TA 2021 ke DPRD Natuna, rapat kerja berlangsung di  ruang paripurna DPRD Natuna, Senin (07/06/2021).

Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar  bersama Jarmin Sidik tampak memimpin langsung jalannya rapat yang dihadiri anggota DPRD Natuna dan jajaran OPD pemkab Natuna

Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar mengatakan terlambatnya proyek kegiatan tahun 2021, bukan karena masa transisi, namun karena dampak Covid-19.

“Insa allah eksekutif dan legislatif mitra terbaik yang akan kerjasama untuk kemajuan dan kemakmuran rakyat,”ungkap Amhar.

Bupati Natuna Wan Siswandi, menjelaskan  bahwa  banyak sekali usulan prioritas yang harus dilaksanakan di tahun 2021, namun mengingat terbatasnya dana yang adadi pemkab Natuna,  maka dipilihlah beberapa usulan prioritas  yang harus dituntaskan dalam waktu dekat.

“Karea Kondisi terbatasnya dana yang ada, saya mengusulkan tiga usulan saja diantaranya, pembangunan jalan dua arah dari simpang Sungai Ulu ke Kantor Bupati Natuna serta pelebaran jalan hingga ke Batu Hitam. Kemudian sarana air bersih dan penyelesaian pembangunan Gedung DPD Natuna yang sudah lama tertunda,”  jelas Wan Siswandi,

Menurut Wan Siswandi, Gedung DPRD Natuna penting diselesaikan karena barang sudah ada, agar ada tempat baru bagi wakil rakyat.

 

“Saya berupaya dalam waktu tiga tahun gedung dewan kita selesaikan,”terangnya.

Kemudian masalah air bersih, Wan Siswandi menilai sangat perlu dituntaskan, mengingat kota Ranai dan sekitarnya masih sering mengalami kerisis air bersih, terutama ketika musim kemarau.

“Saya yang tinggal di jalan Pramuka Kota Ranai saja sering kesulitan air, ini artinya persoalan air bersih sangat mendesak bagi masyarakat dan harus menjadi skala prioritas dalam program pembangunan,”tambahnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan, Wan Siswandi menuturkan akan menggunakan semua sumber dana yang ada, baik itu dari APBN, ABPD Provinsi dan APBD Natuna.

“Soal sumber dana, akan kita kejar semua baik dari APBN, Provinsi maupun APBD Natuna,”jelasnya.

Selain kegiatan priotitas tersebut, Wan Siswandi juga mengatakan agar kegiatan swakelola yang di desa-desa, segera dilaksanakan sebagai sumber penopang ekonomi masyarakat.

“Untuk kegiatan swakelola yang ada di desa-desa saya sarankan segera dikerjakan meskipun dilakukan secara bertahap, sebab kegiatan tersebut merupakan penopang ekonomi masyarakat, apalagi di masa Pendemi Covid-19 tentu sangat membantu masyarakat,”tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa tidak semua kegiatan bisa dilaksanakan, sebab saat ini pemerintah sedang focus penanganan Covid-19

Ketua DPRD kabupaten Natuna, Daeng Amhar usai rapat  kepada wartawan menyampaikan  rapat perdana DPRD Natuna dengan bupati Natuna itu wakil rakyat Natuna juga  ingin mendengarkan rencana kerja dan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan oleh kepala Daerah Natuna yang baru itu.

“Dan kami DPRD juga minta beliau menyampaikan mengenai program kerja beliau, ada beberapa hal yang sudah beliau sampaikan,” ujar Daeng Amhar sesudah pertemuan.

Diantara program kerja jangka pendek yang disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi antara lain adalah mengenai prioritas pembangunan jangka pendek seperti pembangunan jalan Kelarik, Mekar Jaya, Sekunyam, Pelabuhan Apung di Sedanau, pembangunan jalan dua jalur di Ranai Kota Sungai Ulu, fasilitas air bersih  dan juga penyelesaian gedung DPRD.  (red)