NATUNA | Populinews.com — Kabar gembira Akhirnya maskapai Susi Air dikabarkan akan membuka rute penerbangan rutee Bandara Raden Sadjad Natuna menuju Bandara Internasional Supadio Pontianak-PP. Rencananya penerbangan akan beroperasi secara reguler sebanyak enam kali sepekan mulai awal November 2022.

Kabar ini disampaikan Bupati Natuna Wan Siswandi pasca bertemu owner Susi Air, Susi Pudjiastuti di Natuna , Pemerintah Daerah meminta Maskapai Susi Air beroperasi di Natuna sejak beberapa tahun lalu. Hal ini dilakukan agar ada pilihan penerbangan dari dan ke Natuna.

“Kita kemarin berdiskusi dengan Bu Susi dan sounding dengan TNI AU hingga ada kesepakatan.Awal November 2022 akan ada penerbangan Susi Air dari Natuna ke Pontianak,” ujar Wan Siswandi, Minggu (16/10/2022).

Rencananya maskapai Susi Air akan beroperasi setiap hari dalam beberapa waktu ke depan. Nantinya pihak maskapai akan mengevaluasi minat dan kebutuhan masyarakat Natuna.

“Bu Susi Pudjiastuti sampaikan jadwalnya setiap hari kecuali Minggu. Nanti dicoba beberapa bulan dan dilihat respon serta kebutuhan yang kemudian akan ada evaluasi,” Jelas Wan Siswandi.

Dia menegaskan, Maskapai Susi Air yang melayani penerbangan dari dan ke Natuna bukan penerbangan perintis atau penerbangan bersubsidi.

Pihak maskapai juga belum menetapkan tarif penerbangan karena masih menghitung biaya operasional yang akan dikeluarkan perusahaan.

Nantinya, tarif tersebut juga akan disesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Beroperasinya Susi Air akan menambah daftar maskapai yang bersaing di Natuna sehingga tarif penerbangan sangat terjangkau.

“Beliau masih hitungan-hitungan. Yang jelas perusahaan tidak mau rugi karena tidak subsidi tapi di sisi lain, beliau mempertimbangkan kemampuan seperti apa,” katanya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melalui akun Instagram pribadinya menginformasikan akan membuka rute tujuan dari dan ke Natuna-Pontianak, Natuna-Letung, dan Pontianak-Tambelan. Beliau masih mencari jadwal penerbangan pada rute tersebut. (red)