Gubernur HD Tinjau Posko Covid-19 di Lahat

81 views

LAHAT | Populinews.com — Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru hari ini Kamis(21/05), melakukan kunjungan kerja meninjau posko Covid-19 Kabupaten Lahat yang berada di gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat.

Selain Gubernur Herman Deru, ikut mendampingi Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, MM. Rombongan disambut langsung oleh Bupati Lahat Cik Ujang, SH, Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto, SE. MM, Sekda Lahat H. Januarsyah Hambali, SH. MM, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi, ST, serta unsur Forkopimda Lahat serta unusur OPD.

Bupati Lahat Cik Ujang dalam laporanya menyampaikan dalam upaya menghadapi pandemi covid-19 ini Kabupaten Lahat sudah melakukan beberapa langkah penanganan covid-19 dengan melihat kondisi daerah Kabupaten Lahat dengan selalu mengikuti regulasi yang ada dan selalu mengikuti perkembangan penangan pandemi ini. Selanjutnya dalam rangka percepatan penanganan covid-19 telah di bentuk gugus tugas yang melibatkan seluruh stakeholder yang ada.

Dilanjutkanya berbagai cara di lakukan seluruh gugus tugas dalam penanganan baik dari level Kabupaten sampai dengan level desa-desa dengan membuat posko-posko yang selalu di pantau oleh gugus tugas.

Sebagaimana di ketahui penanganan covid-19 sampai saat ini OPD 70 orang yang sudah semuanya sudah selesai menjalani pengawasan dan semua di nyatakan sehat,PDP 5 orang dan 4 orang sudah selesai pengawasan tinggal 1 orang masih menjalani proses pengawasan,OTG 146 orang selesai pengawasan 109 orang dan sisanya masih menjalani isolasi dan terkonfirmasi positif 6 orang yang saat ini saat ini masih proses perawatan di rumah sakit.

“Dalam penanganan covid-19 ini pemerintah Kabupaten Lahat mengalokasikan dana sebesar 23,5 M yang di peruntukkan untuk pengadaan APD, obat-obatan, sarana dan prasarana, jejaring sosial dan operasional lainnya,” sampainya.

Sementara Ketua Gugus Tugas Provinsi Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru dalam arahanya mengatakan dalam laporanya yang di sampaikan Bupati bahwa Kabupaten Lahat yang mempunyai topografi yang luas menjadi seni tersendiri dalam penanganan covid-19 tidak mudah.Kabupaten Lahat mempunyai kriteria cukup baik dalam penanganan pandemi ini dengan beberapa kriteria antaranya penangan dalam bidang kesehatan,ekonomi dan dampak sosialnya.

Disampaikanya juga di sarankan agar petugas Pol PP,TNI/Polri agar menyediakan masker dalam social distancing di tempat keramaian seperti pada saat ini seperti di pasar menjelang hari raya Idul Fitri seperti saat ini.Untuk dalam hal pangan pemerintah agar terus memantau persediaan dan harga bahan pokok.

“Saya harap dengan menangani pandemi covid-19 ini jangan sampai ada penurunan produktifitas di Kabupaten Lahat dan jangan sampai kearifan lokal jangan sampai memudar karena covid-19 ini,” harapnya. (*) Rochmi

Bagikan :

Posting Terkait