LAHAT | Populinews.com — Inspektur Inspektorat Kabupaten Lahat Yunisa Rahman, S.IP.MM menyarankan agar kepala desa tidak bergerak sendiri dalam melakukan penyaringan warga penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), melainkan harus melibat sukarelewan covid-19.

Demikian di Inspektur Inspektorat Kabupaten Lahat Yunisa Rahman, S.IP. MM, di Lahat, Rabu (08/7/2020). Ia juga mengingatkan agar kreteria penyaringan dan pembagian BLT-DD ini, dilaksanakan sesuai aturan, sehingga tidak timbul masalah di kemudian hari.

Menilai pelaksanaan pembagian BLT-DD tahap pertama di Kabupaten Lahat, menurutnya sesuai dengan aturanya. Meskipun ada beberapa desa di Kabupaten Lahat yang telah mendahului membagikan BLT-DD itu tersebut untuk pembangunan sarana fisik. Karena memang pencairan dana tersebut berlangsung sebelum wabah covid. Itu pun diperuntukkan sesuai dengan perencanaan sebelumnya.

Yunisa menyebut ada beberapa kriteria penerima BLT-DD yang harus diperhatikan. Diantaranya masyarakat penerima tidak terakomodir dalam bantuan lainnya, masyarakat yang terdampak covid-19 secara ekonomi dan masyarakat yang mempunyai anggota keluarga yang terkena sakit menahun.

Beliau berharap kepada kepala desa agar dalam penjaringan penerima BLT-DD ini benar-benar menerapkan mekanisme sesuai dengan aturan tersebut. Tidak hanya itu Kepala desa juga dapat memanfaatkan tim relawan covid-19 dengan melakukan musdeskus.

“Kami harapkan agar jangan sampai Kepala Desa ini jangan bergerak sendiri, libatkan tim terkait semaksimal mungkin dalam penjaringan penerima BLT-DD sehingga penerima bantuan tepat sasaran sesuai dengan aturan dan bagi masyarakat agar mempunyai kesadaran yang ditetapkan oleh pemerintah sudah sesuai dengan hasil kajian,” tuturnya.

Sementara Yusri selaku Inspektur pembantu bidang Investigasi menambahkan bahwa sesuai dengan ketentuan yang ada mengenai petunjuk tekhnis calon penerima BLT-DD jangan sampai tumpang tindih dengan bantuan yang lain. Diharapkan pada tahap ke dua nanti penerima BLT-DD akan lebih tepat sasaran dengan kesiapan dan evaluasi data.

“Kami harapkan agar masyarakat Kabupaten Lahat di masa pandemi ini kesejahteraan akan berkembang cepat dan pandemi covid-19 ini akan segera berakhir,” harapnya (*) Rochmi