LAHAT | Populinews.com — Seorang laki-laki remaja bersama orangtuanya, Kamis (09/07/2020) pagi, mendatangi kediaman pribadi Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Sungudi SH, MSi, Jln Demang Kanasim Desa Manggul Kecamatan Lahat. Pria bernama Rendi tersebut, mengisahkan bahwa dirinya telah dipukuli seorang anggota TNI, cuma karena gara-gara merokok sehabis bermain futsal.

Mendapat tamu tak diundang itu, Dandim lantas melayani dengan ramah. Ia meminta Rendi menceritakan asal mula kejadian sehingga ia dipukuli sampai mengalami luka.

Rendi pun berkisah bahwa ketika itu ia sedang bermain futsal dan istirahat di lapangan MTQ sambil merokok. Tiba-tiba ia didatangi saeorang oknum anggota TNI dari Kodim Lahat, sambil marah – marah, bahkan oknum TNI tersebut memukulinya hingga tangan Rendi mengalami luka.

Beruntung saat itu, ada anggota TNI lainnya yang memisahkan, sehingga Rendi pun disuruh pulang. Tapi rupanya Tasir, orangtua Rendi tak terima, lantas mendatangi rumah Dandim untuk melaporkan kejadian tersebut.

Mendengar cerita itu, Dandim pun berjanji akan mengusut dan menindak tegas anggotanya yang telah melakukan perbuatan tersebut. Ia pun menasehati Rendi agar menjaga ketertiban di tempat umum, dan orangtua Rendi pun dinasehati agar mengawasi anaknya dengan baik.

Setelah itu, Dandim pun hendak memanggil salah satu stafnya, dengan maksud agar menyelesaikan masalah ini. Namun, di saat bersamaan muncul seluruh Perwira Kodim 0405/Lahat serta ibu Persit dengan membawa kue tumpeng dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun.

Letkol Sungudi pun terkejut, ternyata kedatangan Rendi dan orangtuanya yang mengadukan kasus penganiayaan itu, hanyalah skenario yang dibuat Ade, salah seorang perwira dan anak buahnya Kopda Sainuri. Karuan saja Dandim pun tersenyum, karena memang hari itu, adalah hari ulang tahunnya yang ke-45. Suasana pun berganti penuh kekeluargaan.

Setelah memberikan kejutan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Dandim yang diberikan kepada Kasdim 0405/Lahat Mayor Inf. Mahlan Agussalim dan Ibu Ketua Persit Kodim 0405/Lahat Hj. Rika, SH dan kedua orangtua Dandim 0405/Lahat yang kemudian makan tumpeng bersama.

Letkol Sungudi, nampak benar-benar merasa surprise. Ia mengucapkan terimakasih atas kejutan yang diberikan oleh jajaran Kodim 0405 Lahat dan Anggota Persit.

“Memang dari tadi malam saya sudah berfirasat akan ada orang yang mengerjai saya, semua menelpon saya tidak ada yang saya angkat dikarenakan saya takut dikerjai seperti tahun kemarin,” tuturnya. (*) Rochmi