Bupati Lahat Cik Ujang SH ketika menerima bantuan Ventilator dari PT. MIP

LAHAT | Populinews.com — Manajemen PT. Mustika Indah Permai (MIP), salah satu investor swasta tambang batubara di Kabupaten Lahat memberikan bantuan berupa alat bantu pernafasan (ventilator) kepada Pemerintah Kabupaten Lahat, guna membantu rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Yana Rahmat Riyanto, selaku Kepala Tekhnik Tambang PT.MIP, kepada Bupati Lahat Cik Ujang SH, yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Lahat.

Prosesi penyerahan bantuan berlangsung Rabu (05/08/2020) di ruang Oproom Setda Kabupaten Lahat, disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Lahat H Hariyanto SE. MM, Sekda Lahat Januarsyah Hambali SH. MM, Direktur RSUD Lahat dan Direktur RS DKT, Kepala BPBD, para pimpinan OPD dan sejumlah pejabat staf lainnya.

Adapun 3 Unit Ventilator ini type Dharcov-23S dan Covent-20. ventilator ini dapat di gunakan di ruangan maupun dalam kendaraan.

Rahmat Riyanto mengatakan bantuan ini merupakan kepedulian dan peran serta dari PT.MIP kepada pemerintah Kabupaten Lahat dalam penanganan covid-19.

Ia juga mengungkapkan sejak ada pandemi ini, pihak PT. MIP sudah menerapkan protokol kesehatan yang tepat serta melakukan pencegahan terhadap covid-19 di daerah operasi pertambangan.

Diharapkan dengan bantuan ventilator ini dapat membantu proses penyembuhan covid-19, atau setidaknya dapat mengurangi resiko korban meninggal dunia, akibat virus ini.

“Pemberian bantuan ventilator ini juga ditopang oleh Adaro Group, sebagai bentuk kontribusi terhadap upaya pemerintah kabupaten Lahat dalam program pencegahan pandemi covid-19. Kami bersama-sama bersinergi di semua area kerja group sehingga mempunyai standar yang sama seperti di Lahat, Kalsel, Kalteng maupun area kerja yang lain,” ujarnya.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang, SH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan perusahaan kepada pemerintah Kabupaten Lahat dalam penanganan covid-19.

Bantuan ventilator ini, menurutnya, memang sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam menangani pandemi ini. Diharapkan juga mudah-mudahan ada tambahan bantuan yang lain dari perusahaan dalam penanganan covid-19 saat ini.

“Terima kasih kepada pihak PT.MIP dan Adaro group semoga usahanya semakin lancar dan Saya minta untuk berkoordinasi agar protokol kesehatan tetap di laksanakan di area kerja supaya roda perekonomian tetap berjalan,” tuturnya.

Sementara itu Direktur RSUD Lahat dr.Erlinda.M.Kes dalam hal ini menambahkan tentunya dengan adanya bantuan ini meringankan tugas pihak medis dan di harapkan dapat menjadi penyemangat tim medis dalam menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat.

“Kami berharap kepada perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kabupaten Lahat agar juga dapat memberikan bantuannya untuk bersinergi dalam penanganan covid-19 ini,” harapnya. (*) Rochmi