Ketua TP PKK Lahat Terharu, Melihat Gubuk Sarumin Tak Layak Huni

39 views

Di gubuk yang kecil dan sempit ini, Sarumin, Warga Desa Siring Agung Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat tinggal sebatangkara. Rombongan Ketua TP-PKK Lahat yang berkunjung langsung memberikan bantuan Sembako.

LAHAT | Populinews.com — Ketua TP. PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang beserta anggota menyempatkan waktu mengunjungi Sarumin (56 Tahun), warga yang tinggal sebatangkara di Desa Siring Agung Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat, Kamis (04/06/2020).

Sarumin adalah sosok warga yang tergolong tidak mampu, dan selama ini tinggal di gubuk yang sangat kecil di areal persawahan warga. Selain sempit, bangunan tempat tinggalnya yang bersinding papan dan beratap seng, sumbangan masyarakat, ternyata tanpa pencahayaan listrik jika malam hari.

Sebelumnya Lidyawati Cik Ujang mendapat kabar dari anggota DPRD Lahat Dapil 3 dari Partai Demokrat, Balkisri. Ia menceritakan ada warga desa yang hidup di gubuk tang tak layak huni di Desa Siring Agung.  Menurutnya, Sarumin sebenarnya mempunyai satu anak yang sekarang tinggal di Jawa. Namun, sang anak tak ada kabar.

Mendapat cerita itu, Lidyawati langsung merespon. Ia pun beserta anggota PKK Kabupaten Lahat lainnya langsung mengecek lokasi sembari membawa sembako untuk diberikan kepada saudara Sarumin.

Saat tiba di lokasi, Lidyawati Cik Ujang melihat langsung kondisi Sarumin yang sungguh mengenaskan. Dia juga memiliki keterbatasan fisik, Kaki bagian kanannya tidak bisa digerakan secara otomatis, dan tidak bisa berjalan.

Guna membantu meringankan beban hidup Sarumin, Lidyawati pun mengajak pemerintah desa untuk berkoordinasi melakukan rehabilatasi gubuk yang ditempati Sarumin, agar lebih layak untuk ditempati.

“Mari kita sama sama bergotong royong merehap rumah bapak Sarumin dimulai dari pemerintah desa. Pak Kades harus semangat membangun gubuk ini menjadi rumah layak huni,” ujarnya.

Kunjungan Ketua TP.PKK Lahat ke desa Siring Agung ini merupakan salah satu program PKK untuk berbagi antar sesama saling bahu membahu tolong menolong digalakkan sekalian momen hari raya Idul Fitri yang menjadi momen pas untuk silaturahmi walaupun dalam wabah Pandemi virus Covid-19.

“Dalam kesempatan ini kami membawa sembako dan uang titipan dari Bapak Bupati Kabupaten Lahat Cik Ujang,SH semoga dapat berguna untuk keperluan bapak Sarumin sehari-hari dan semoga dapat dipergunakan dengan baik-baiknya,” tutupnya. (*) Rochmi

Bagikan :

Posting Terkait